image_pdf

Malang. Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pendidikan (P2KP) Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Univeritas Negeri Malang (UM) melaksanakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI), kegiatan tersebut diselenggarakan 29 Juli 2019 di gedung aula H8 lantai 2 UM.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor I UM Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. “Syarat untuk mendapatkan sertifiksi dosen ialah mendapatkan sertifikat PEKERTI, maka para dosen muda wajib mengikuti pelatihan selama 4 hari mulai 29 Juli hingga 1 Agustus 2019. Diharapkan nantinya para peserta mampu menghasilkan salah satu produk berupa buku,”ujarnya diawal sambutan.

Ketua LP3 Drs. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed., Ph.D, menyampaikan tujuan pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan dan  mengembangkan   pengetahuan   dan wawasan   tentang ketrampilan  mengajar  dosen  dalam  rangka  meningkatkan  kualitas dalam proses belajar mengajar.

“Narasumber Pelatihan Pekerti adalah orang yang memiliki wawasan, pengetahuan dan sharing experience sesuai keahliannya kepada peserta Pelatihan. Narasumber/instruktur pelatihan  berasal dari unsur pimpinan, pengelola, dan dosen UM yang akan memberikan mata pelatihan sesuai bidangnya,”katanya.

Pelatihan Pekerti meliputi penilaian akademik dan penilaian sikap perilaku. Penilaian akademik pada peserta pelatihan meliputi penilaian pemahaman peserta terhadap materi-materi yang diberikan selama pelatihan sesuai dengan masing-masing mata pelatihan, penilaian tugas yang diberikan oleh narasumber  dan,  postes. Penilaian pemahaman secara terintegrasi terhadap seluruh mata pelatihan. Jawaban tugas-tugas dan postes diunggah pada Sipejar. Pelaksanaan postes dilakukan di kelas masing-masing sesuai jadwal.

“Penilaian Sikap dan perilaku dilaksanakan selama proses pelatihan yang dilakukan melalui proses  pemantauan  sikap  dan  perilaku  yang  dilakukan  oleh  narasumber  dan penyelenggara pelatihan. Aspek yang dinilai meliputi aspek kedisiplinan, kepemimpinan, kerjasama, dan prakarsa,”tandasnya.

Pewarta: Joko Wibowo- Humas UM