image_pdf

Muhammad Nur Alamsyah yang mahasiswa S1 Pendidikan Matematika berhasil membawa pulang medali emas pada KSI bidang Komputer

Malang. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berhasil borong Medali Emas, Perak, dan Perunggu di Kompetisi Sains Indonesia (KSI) 2021. Pada KSI 2021, UM berhasil memperoleh 28 Medali Emas, 52 Medali Perak, dan 91 Medali Perunggu.

Cabang kompetisi pada KSI 2021 terdiri atas bidang Bahasa Inggris, Astronomi, Ekonomi, Geografi, Kebumian, Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, dan Komputer. KSI diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI). Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, pada tahun 2014 Lembaga POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia) hadir untuk membantu menciptakan Indonesia dengan SDM Unggul dan Berkualitas.

POSI terus berupaya mewujudkan hal tersebut dengan menangani kegiatan pelatihan dan pengembangan di olimpiade sains dan kompetisi sains dengan tujuan mencetak siswa dan siswi berprestasi dan ahli dibidangnya sehingga dapat menjadi ilmuwan muda Indonesia dengan tenaga pelatih yang berasal dari juara OSN dan alumni peserta pembinaan olimpiade sains tingkat nasional.

Muhammad Nur Alamsyah yang berasal dari S1 Pendidikan Matematika berhasil membawa pulang medali emas pada KSI bidang Komputer. Alamsyah menjelaskan bahwa proses seleksi yang dilakukan pada kompetisi kali ini hanya terdiri dari satu tahap secara online.

Dalam memaksimalkan perlombaan kali ini Alamsyah menjelaskan bahwa dirinya telah mempersiapkan dengan matang pembelajaran matematika dan pemrograman. “Persiapan untuk materi KSI Komputer secara umum ada 2, yaitu matematika dan pemrograman. Untuk matematika nya ada matematika diskrit, aljabar, dan logika. Sementara untuk materi pemrograman ada dynamic programming, algoritma graf (bellman-ford dan dijkstra), algoritma greedy, binary search, dan brute-force”, jelasnya pada Sabtu (27/02).

Dalam persiapan KSI 2021, Alamsyah aktif mengerjakan soal-soal latihan yang bisa diakses melalui ksn.toki.id. Selain itu, latihan competitive programming bisa diakses melalui projecteuler.net, codeforces.com, sama tlx.toki.id.

Alamsyah menyampaikan bahwa dirinya sangat bahagia mendapatkan prestasi gemilang tersebut. “Alhamdulillah saya senang sekali bisa dapat medali emas di kompetisi POSI kali ini. Apalagi peserta nya dari seluruh Indonesia termasuk dari universitas-universitas bergengsi lainnya”, ungkapnya. Alamsyah juga berpesan bahwa terus semangat dalam berlatih, sebuah keberhasilan tidak akan bisa dicapai tanpa doa dan usaha.

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM