image_pdf

Malang. Kafilah Universitas Negeri Malang (UM) kembali menyabet Juara Umum dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) yang ke-XVI pada Sabtu (03/08) di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Alhasil, UM berhasil mempertahankan gelar Juara umumnya dalam pelaksanaan MTQ MN selama 4 kali berturut turut. Janji kafilah UM mengenai salam 4 jari, terpenuhi dengan baik dan membanggakan.

“Semua berkat doa warga UM, kerja keras dan kerja cerdas kafilah, pembina, dan dukungan pimpinan UM. Terutama adalah pola pembinaan kemahasiswaan yang baik dan berkesinambungan, karena prestasi tidak datang dalam waktu yang singkat, tetapi membutuhkan sistem pembinaan yang terprogram,” ujar Dr. Mu’arifin, M.Pd selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan UM.

Total nilai akhir yang merupakan akumulasi point-point dari Juara yang telah diraih UM adalah sebesar 64 point. Jumlah ini mengantarkan UM menjadi Juara umum mengalahkan universitas-universitas ternama. Semua PTN ternama saat ini mengincar untuk menggeser UM dalam perhelatan MTQ MN. Hal itu bisa dilihat dari 4 besar klasemen akhir, dimana tepat dibawah UM adalah Universitas Brawijaya (UB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia (UI). Bahkan selisih keunggulan kafilah UM dibanding UB (yang berada di peringkat 2) hanya 1 poin.

Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I selaku penanggung jawab kafilah menyatakan bahwa UM perlu menyusun sejumlah program dan strategi untuk mempertahankan prestasi UM di ajang MTQ MN selanjutnya. Salah satunya melalui pendirian rumah Tahfidzul Qur’an.

UM memenangkan 12 cabang lomba dalam MTQ MN diantaranya adalah peraih juara 1 dalam cabang Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIA), dan Desain Aplikasi Qur’an (DAQ). Selanjutnya peraih juara 2 dalam cabang musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 30 Juz Putri dan Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 20 Juz putra. UM juga meraih juara 3 dalam cabang lomba Musabaqah Debat Bahasa Arab (MDBA), Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), dan Musabaqah Khothil Qur’an (MKQ) Dekorasi Putri.  Kemudian peraih Juara Harapan 1 untuk Musabaqah Tartilil Quran (MTrQ) Putri, peraih Juara Harapan 2 untuk cabang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putra dan Musabaqah Debat Bahasa Inggris (MDBI). Terakhir, UM juga meraih Juara Harapan 3 untuk Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putri.

“Selamat untuk Kafilah UM beserta seluruh pembina yang sudah berikhtiar maksimal dan berdo’a sepenuh hati. Terimakasih dukungan dan doa segenap pimpinan dan warga UM. Semoga UM kedepannya semakin sukses dan lebih baik lagi,” ujar Drs. H. Sucipto, MS selaku perwakilan dari Rektor UM dalam pendampingan kafilah ke Banda Aceh.

Prof. Dr. AH. Rofi’uddinn, M.Pd selaku Rektor UM menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian kafilah UM dalam MTQMN kali ini. Ia pun berencana akan mengagendakan acara khusus untuk menyambut keberhasilan tersebut.

“Alhamdulillah, luar biasa. Akan segera diagendakan acara khusus untuk menyambut keberhasilan kafilah UM dalam MTQMN tahun ini,” ucapnya turut berbangga.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM