image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) tiada henti dalam melakukan inovasi dan kreasi. Inovasi kali ini muncul dari matakuliah terbaru yang ada di UM yaitu Manajemen Inovasi. Matakuliah ini adalah matakuliah terbaru dan baru dilaksanakan untuk angkatan 2017. Kegiatan Edu Fest 1.0 pertama kali dilaksanakan di UM, Jumat (10/04) tepatnya di Aula E1 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Kegiatan ini merupakan  aktualisasi karya mahasiswa dari Matakuliah Manajemen Inovasi dan dikemas dalam sebuah kegiatan yaitu “Pameran Managemen Inovasi 2019.” Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Mahasiswa Teknik, Geografi dan Pendidikan Luar Biasa (PLB).

Acara ini pada dasarnya adalah Ujian Akhir Semester (UAS) untuk mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah universiter, yaitu Managemen Inovasi. Kegiatan UAS yang dilakukan adalah dengan membuat suatu inovasi atau produk inovasi untuk orang berkebutuhan khusus. Kegiatan UAS ini dirangkai dan dikemas dalam bentuk pameran “Edu Fest 1.0 2019.” Kegiatan ini baru dimulai pertama kali untuk merintis matakuliah universiter yang terbaru yaitu Manajemen Inovasi.

Ketua Pelasksana dari kegiatan ini adalah Mahasiswa dari Jurusan Geografi yang juga menempuh di matakuliah ini. Kegiatan ini dihari oleh Ketua Jurusan PLB yaitu Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd., M.Kes. yang sekaligus memotong pita sebagai simbolis bahwa kegiatan tersebut resmi untuk dibuka.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan PLB menjelaskan mengenai kegiatan tersebut.

“PLB, Luar Biasa. Saya bangga sekali sebagai Ketua Jurusan PLB, dimana jurusan ini memiliki penelitian jauh kedepan untuk membekali mahasiswa berkiprah kedepannya.  Produk-produk yang dihasilkan saya lihat tadi sudah menggunakan aplikasi-aplikasi dan ini sesuai dengan perkembangan zaman. Tidak sampai disitu, diharapkan produk-produk ini juga diteruskan untuk mengikuti pimnas dan memang ini akan dipatenkan.”

Matakuliah Manajemen Inovasi ini adalah hasil riset dari Dr. Hj. Muslihati, S.Ag., M.Pd. dan timnya. Dalam wawancara di acara tersebut, Ibu Muslihati menjelaskan tentang matakuliah ini.

“Matakuliah ini adalah hasil riset saya bersama dengan tim, lalu dikemas dalam rencana penelitian dan di desain ke matakuliah, lalu semester ini baru diterapkan dan sesuai dengan kurikulum UM yang berbasis kehidupan.”

Pewarta : Riki Pratama-Internship Humas UM

Pewarta Foto : Abdul Fattah-Internship Humas UM