image_pdf
Deni Ainur Rokhim pada saat Prosesis Wisuda ke 101

Malang. Menjadi lulusan terbaik non akademik Universitas Negeri Malang (UM) di jenjang S1 Pendidikan Kimia, Deni Ainur Rokhim seorang mahasiswa yang kerap disapa Deni ini lulus pada semester 7. Gelar sarjana yang telah disandangnya usai pelaksanaan wisuda ke- 101 UM di Graha Cakrawala pada Sabtu (8/2) ini membuat Deni bernapas lega. Mahasiswa asal Sidoarjo ini sudah banyak mengukir prestasi sewaktu belajar di UM diantaranya juara ditingkat nasional maupun internasional.

Deni menganggap setiap pengalamannya menarik karena terjadi pada suatu momen yang berbeda, sehingga banyak kegiatan yang dilakoninya di lingkup kampus atau non kampus yang dapat mengupgrade pribadi dan berdampak ke masyarakat. Kejuaran yang diikuti rata-rata terkait karya tulis ilmiah, peraihan hak cipta suatu penemuan, kegiatan seminar, pengabdian dan asistensi matakuliah. Banyaknya kegiatan tersebut tidak membuat Deni kualahan, karena sudah terbiasa memanajemen waktu.

“Bagi saya manajemen waktu tidak ada istilah mana yang lebih prioritas, semuanya prioritas. Saya biasanya sudah mengatur jadwal kegiatan di awal sebelum masuk semester baik dalam kegiatan dan perkuliahan. Hal itu saya lakukan agar tidak terjadi bentrok agenda atau kegiatan. Tidak ada tips dan trik khusus memperoleh gelar lulusan terbaik non akademik. Saya selalu dan senantiasa meminta restu orang tua dalam melakukan kegiatan, terus berusaha mencapai target dan sabar,” ungkapnya.

Deni bersama kedua orang tua pada saat penobatan sebagai
Mahasiswa Berprestasi non Akdemik

Sejauh ini Deni menghasilkan penemuan lumpur sidoarjo menjadi listrik, media pembelajaran kimia untuk anak disabiltas mental, virtual laboratorium berbasis aplikasi untuk perkuliahan praktikum. Penemuannya tersebut mengantarkan Deni Ainur Rokhim menjuarai ajang bergengsi Internasional Industrial Revolution 4.0 Expposition (IREx) 2019 yang yang berlangsung di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Kedah, Malaysia (19/9/2019). Bersama rekannya tim inovator UM, Deni menghasilkan karya berjudul Sidoarjo Mud Flow Electric (SMF-E) dan meraih Gold Medal serta Best Booth.

Sewaktu Kuliah Kerja Nyata (KKN) Deni juga menjalankan program pengabdian diantaranya persurataan, pendampingan hidroponik, dan sosialisasi jumantik. Pengabdian ke sekolah mengenai pengenalan dan praktisi karya ilmiah untuk guru dan siswa.

Deni juga mengutarakan kesan penuh makna selama kuliah di UM, “Kesannya penuh makna, penuh arti, di UM saya banyak berkembang dan yang paling saya bangga kepada UM atas apa yang telah saya berikan kepada UM. Sekarang sudah tidak jaman bangga terhadap almamater tetapi tidak pernah memberikan nilai kepada almamater.” tuturnya menutup pembicaraan.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM

Pewarta Foto : Abdul Fattah – Internship Humas UM