image_pdf

Dalam rangka merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Vektor Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kegiatan Matematika Hambangun Praja (MAHAPRAJA). Bertempat di Dusun Precet, Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, MAHAPRAJA terselenggara selama tiga hari yaitu pada Sabtu-Senin (6-8/8/2022). Pengabdian ini melibatkan sepuluh volunteer yang berasal dari mahasiswa Departemen Matematika UM.

Nuzulul Arzaqi Maulana, selaku ketua pelaksana menyampaikan terselenggaranya MAHAPRAJA memiliki empat tujuan utama yaitu meningkatkan jiwa kepedulian mahasiswa Departemen Matematika terhadap warga, mewujudkan Dusun Precet sebagai daerah yang ramah lingkungan, meningkatkan minat baca anak-anak, dan menyalurkan hasil donasi yang telah terkumpul. Pemilihan Dusun Precet sebagai tempat pengabdian mempertimbangkan kondisi masyarakat yang dapat dikatakan masih dalam tahap berkembang. Selain itu, dusun tersebut berada di paling ujung Kecamatan Wagir dan letaknya berada di kaki Gunung Kawi.

Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Vektor Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kegiatan Matematika Hambangun Praja (MAHAPRAJA)

Lebih lanjut, Zaqi menjelaskan secara garis besar kegiatan pengabdian terfokus untuk menciptakan daerah sasaran yang ramah lingkungan yang diwujudkan dalam kegiatan menanam tanaman. Selain itu, untuk meningkatkan budaya literasi dilaksanakan pembuatan perpustakaan mini dan pembiasaan kegiatan membaca bersama anak-anak dusun.

Dalam acara pembukaan, turut hadir Ketua Dusun Precet yaitu Triarno. Beliau menyampaikan harapan dengan adanya kegiatan MAHAPRAJA dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan barokah untuk warga Dusun. Tema “Semangat Mengabdi, Wujudkan Kepedulian, Ciptakan Kebahagiaan” yang diusung dirasa sesuai dengan pengabdian ini.

“Adanya semangat mengabdi yang dimiliki mahasiswa Departemen Matematika UM di dusun kami sangat cocok dengan tema yang diambil. Rasa peduli yang dimiliki untuk mengabdi semoga dapat memberikan manfaat untuk dusun kami. Kalimat terakhir pada tema yaitu kalimat ciptakan kebahagiaan, kami sangat mengapresiasi usaha kalian tersebut,” papar Ketua Dusun Precet.

Selanjutnya, acara penutupan dihadiri oleh Kepala Desa Sumbersuko dan Ketua Karang Taruna Dusun Precet. Dalam sambutannya, Kepala Desa Sumbersuko, Subekhan, mengucapkan terima kasih karena kegiatan yang dilakukan sudah mengena di masyarakat. Apalagi, sejak dua tahun dilanda pandemi, kegiatan masyarakat akhirnya bisa dilaksanakan kembali dan dapat membangkitkan semangat anak-anak melalui kegiatan literasi dan perlombaan.

“Dari masyarakat mendapatkan manfaat dari kegiatan ini mulai dari bantuan bakti sosial ataupun lingkungan dusun menjadi lebih bersih. Dengan adanya pengabdian ini, harapannya masyarakat dapat meniru kegiatan positif yang telah dilaksanakan dalam MAHAPRAJA,” harap Ketua Desa Sumbersuko.

Pewarta: Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM