image_pdf
Tim Olimpiade Ekonomi UM berhasil menyabet Juara II

Malang- Salah satu mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) kembali mengharumkan almamater kita tercinta. Prestasi tersebut kembali ditoreh oleh mahasiswa S1 pendidikan ekonomi yaitu Afifah Nur Asiah (2018), Endah Nur Amalina (2017), dan Moh. Arif Lukman Hadi (2017). Prestasi dari tim olimpiade ekonomi nasional UM ini berhasil menyabet juara II di ajang bergengsi tersebut. Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA) fakultas ekonomi Universitas Sriwijaya diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan ekonomi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Proses seleksi yang berlangsung sejak akhir bulan oktober lalu itu menobatkan Universitas Sriwijaya sebagai juara I, UM juara II, Universitas Sriwijaya juara III, Universitas Lampung harapan I, Universitas Padjajaran harapan II, dan Universitas Andalas harapan III.

Pelaksanaan olimpiade ekonomi di Universitas Sriwijaya

Tim olimpiade ekonomi kebanggan UM  ini dibimbing oleh Sri Handayani, S.Pd., M.Pd., salah satu dosen jurusan ekonomi yang senantiasa membimbing ketiga mahasiswa tersebut. Olimpiade ekonomi tersebut memiliki empat tahapan yang harus dilewati oleh semua peserta,  yaitu: babak penyisihan secara online tanggal (31/10) mengerjakan soal essay untuk selanjutnya diambil 20 besar tingkat nasional, selanjutnya adalah babak semifinal 20 besar mengerjakan soal-soal pilihan ganda dan essay, kemudian babak 8 besar yaitu menjawab soal secara bergilir serta adu cepat tepat, dan babak 6 besar presentasi hasil analisis studi kasus dan menjawab pertanyaan dari juri.  

Tim olimpiade ekonomi nasional UM ini sempat mengalami kesulitan-kesulitan kecil seperti halnya teknis perlombaan yang tiba-tiba berubah sesuai dengan ketetapan tim juri yang membuat ketiga mahasiswa ini merasa kebingungan. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengharumkan nama UM dan membawa pulang tropi kejuaraan.

Afifah Nur Asiah, Endah Nur Amalina , dan Moh. Arif Lukman Hadi

Arif sebagai salah satu anggota tim olimpiade ekonomi UM ini menyampaikan bahwa selain belajar dengan keras dan tanpa henti doa kepada orang tua, dosen, dan teman-teman juga yang membantu mereka berada di posisi tersebut. Selain itu, Arif juga memberi tips dan trik untuk berhasil di ajang olimpiade nasional “yang pertama pastikan bisa lolos pada tahap penyisihan yaitu dengan mengerjakan soal essay semaksimal mungkin dan mencantumkan sumber. Selanjutnya, persiapkan diri sesuai materi yang akan dilombakan. Tim kami membagi materi tersebut untuk dipelajari sehingga masing-masing anggota memiliki spesialisasi penguasaan mata kuliah masing-masing”.

Pewarta           : Salsabila Indana Zulfa-Internship Humas UM