image_pdf

Malang. Ekonomi negara  mengalami penurunan yang signifikan sejak pandemi melanda. Menurut data yang dilansir oleh kompaspedia.kompas.id, ekonomi Indonesia tumbuh negatif sebanyak 2,07 persen pada tahun 2020. Hal ini menjadi motivasi bagi 5 mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) untuk menciptakan inovasi ekonomi kreatif melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) skim Kewirausahaan dengan menciptakan produk InMun suplemen ekstrak jambu darsono, yakni kapsul suplemen dari ekstrak jambu darsono untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Lima mahasiswa tersebut adalah Muhammad Syahrul Alfianto mahasiswa S1 Fisika, Diana Dahniar mahasiswa S1 Pendidikan IPA, Fakhrun Nisak mahasiswa S1 Pendidikan IPA, Widya Anjani mahasiswa S1 Ekonomi Pembangunan, dan Erni Hidhayatur Rohmah mahasiswa S1 Kimia. Alasan yang mendasari munculnya inovasi ini adalah kurangnya pemanfaatan jambu darsono yang memiliki banyak khasiat, keadaan ekonomi yang buruk dan perubahan cuaca yang ekstrem serta kekebalan tubuh manusia lemah. “Setiap perubahan musim dari musim kemarau ke musim penghujan maupun sebaliknya, akan ada perubahan musim yang cukup ekstrem. Pergantian musim ini sering dikenal dengan musim pancaroba, yang mana memiliki cuaca yang ekstrem sehingga menjadi indikasi bahwa tubuh  juga membutuhkan imunitas yang tinggi. Kebutuhan imunitas yang tinggi sangat dibuthkan karena pada musim pancaroba yang tidak menentu menyebabkan bakteri dan virus sangatlah mudah untuk berkembang biak,” ujar Fakhrun, selaku manajer uji produk.

“Saat ini lebih dari 100 kabupaten dan kota di Indonesia berada dalam keadaan zona merah, sehingga harus ada kendali yang signifikan. Meningkatnya angka positif Covid-19 saat ini membuat permintaan suplemen peningkat imunitas tubuh meningkat sebanyak 10 kali lipat. Produk InMun ini merupakan produk yang terbuat dari bahan alami ekstrak jambu darsono yang memiliki kandungan vitamin tinggi dan juga mineral sehingga hal ini menyebabkan produk ini dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan memberikan manfaat lebih terhadap tubuh. Selain itu produk InMun ini tidak menimbulkan efek samping. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jambu darsono tentu menjadi keunggulan produk ini, dimana antioksidan yang terkandung adalah vitamin A,B,C,E dan mineral mikro berupa zinc. Dengan kandungan yang melimpah ini tentunya produk InMun menjadi produk yang sangat efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh,” imbunya.

Ditemui di akhir wawancara, Alfian selaku Ketua Tim menyampaikan harapan bahwa produknya yang berupa InMun bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dan imunitas tubuhnya. “Dengan adanya produk Inmun ini, kami berharap mampu membantu masyarakat Indonesia terutama masyarakat kota malang untuk meningkatkan ekonomi dan imunitas tubuhnya dalam melawan musim pancaroba dan adanya pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM