image_pdf

Pattani. Sukses berlaga di tingkat internasional bukanlah suatu hal yang baru bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). Tepat di penghujung hari bulan April 2019, Jody Oki Ibrahim dan Muhammad Irfan Farras sukses meraih medali emas sebagai 1st Winner pada kompetisi Nasyid Dai Voice Thailand – ASEAN Season 4 2019 di area Masjid Jamek Pattani, Thailand. Bersama anggota timnya, Jody yang merupakan mahasiwa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) UM dan Irfan mahasiswa PROBIS (Pendidikan Keterampilan Otomotif, Bisnis, Industri, dan Teknologi Informasi) UM berhasil menyisihkan 14 finalis dari Negara-negara di ASEAN.

Kompetisi yang diadakan sejak 2016 sebagai agenda tahunan ini merupakan ajang untuk berunjuk kemampuan dalam bidang Nasyid Acapella. Jody menjelaskan jika Nasyid Acapella merupakan sebuah seni vokal suara dalam grup yang bernafaskan Islami. “Dan untuk acapella sendiri artinya tanpa alat musik, suara yang dihasilkan murni dari mulut sehingga terbentuk alunan harmoni yang padu,” ujarnya.

Terkait jadwal latihan, kedua mahasiswa ini mengakui adanya jadwal latihan rutin dengan tiga anggota lainnya. Tim yang bernama Qolbu Voice ini selalu berlatih sekali setiap minggunya dan semakin menambah frekuensi latihan seiring dengan semakin dekatnya dengan hari perlombaan.

Hal ini tentu ditujukan untuk mencapai hasil yang maksimal. “Satu tim harus memiliki visi yang sama baru dilanjutkan dengan adanya latihan giat. Tim kami juga didampingi oleh perwakilan Asosiasi Nasyid Nusantara wilayah Jawa Timur untuk latihannya,” ujar Irfan.

Berawal dari ketertarikannya pada Nasyid sejak di bangku SMA, Jody telah sering mengisi di berbagai acara seperti pernikahan. Ia pun mengungkapkan kekagumannya pada Nasyid akan nilai-nilai dan identitas yang khas dalam setiap lirik yang disampaikan. Irfan, yang tengah menekuni bidang pariwisata di Probis UM, juga menambahkan keunggulan Nasyid. “Dengan menekuni Nasyid ini saya juga ingin berdakwah melalui seni suara tanpa perlu memainkan musik,” imbuhnya.

Mampu membanggakan nama kampus dan bangsa di kancah innternasional merupakan pengalaman tak terlupakan bagi kedua mahasiswa ini. Perjuangan dan usaha keras mereka terbayar dengan pencapaian yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Jody dan Irfan mengungkapkan rasa syukurnya atas semua dukungan yang telah diberikan dari ssemua pihak. Mereka juga berharap agar senantiasa semangat menorehkan prestasi-prestasi baru di bidang Nasyid.

“Salah satu wujud konkrit kami dalam hal karya adalah membuat single lagu dan mini album pertama kami. Mohon doanya agar bisa segera launching di tahun ini,” ungkap Jody antusias.

Pewarta           : Andita Eka Wahyuni – Internship Humas UM