image_pdf

Malang. Rount Maulero mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Jurusan Sastra Jerman berhasil menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang bergengsi Internationale Pasch Alumni Konferenz II 2021. Konferensi tersebut diikuti oleh sejumlah negara yaitu Australia, Vietnam, Indonesia, Thailand, Singapura, dan New Zealand pada 1-15 Juni 2021.


Internationale Pasch Alumni Konferenz II 2021 merupakan konferensi alumni sekolah Pasch (Partner der Zukunft) yang merupakan sekolah Mitra Jerman dengan Goethe Institut, Pasch, dan Kedutaan Jerman di Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan secara online melalui platform Zoom ini mengangkat tema “Projekt Management”.
Rount menjelaskan kegiatan yang dilakukan berupa pembahasan proyek berkelanjutan dari para alumni Pasch Schule. “Proyek yang dibahas meliputi penyampaian ide dari masing masing delegasi, diskusi kelompok, dan pemaparan materi dari para ahli yaitu Mathias Haberl dari Austria dan Eliza Skowron dari Polandia yang bekerja dalam Organisasi Working Between Cultures”, jelas Rount.


Untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam konferensi ini, setiap peserta harus menjadi bagian dari sekolah mitra Jerman yang memiliki kemampuan bahasa Jerman tingkat B1 dengan predikat minimal Good atau Baik. Peserta juga diminta membuat video dengan tema “Bagaimana PASCH Mengubah Hidup Saya?”.


“Persiapan dalam seleksi saya buat sematang-matangnya, karena saya sudah menantikan kesempatan ini sejak lama. Saya membuat video tersebut sebaik dan semaksimal mungkin, tentunya yang utama tentang kemampuan bahasa Jerman. Oleh karena itu saya tetap terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jerman saya serta selalu berdoa kepada Allah SWT. Sebagai mahasiswa semester 4 yang termasuk paling muda dalam konferensi tersebut, saya mendapatkan banyak pengalaman, relasi atau jejaring internasional, serta ilmu yang sangat bermanfaat karena berasal dari para ahli dalam bidang projekt management”, paparnya.


Rount sangat senang berhasil menjadi delegasi Indonesia, pasalnya dirinya juga bisa membawa nama baik Indonesia dikancah Internasional. Bertolak dari pengalaman yang telah didapatkan, Rount berharap dirinya dapat menghasilkan proyek berkelanjutan bagi siswa siswi bahasa Jerman di Indonesia, Vietnam, Thailand, Singapura, Australia, dan New Zealand.


Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM