image_pdf

Mahasiswa UM beserta ibu dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang

Malang. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang tergabung dalam Program Kampus Mengajar Perintis (KMP) telah memulai mengunjungi Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten tempat Sekolah Dasar yang mereka tuju pada Senin (12/10). Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengabarkan kepada diknas bahwa mahasiswa siap ditempatkan di sekolah yang telah ditentukan sebelumnya.

Program KMP ini diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan selama 10 minggu dari tanggal 12 Oktober sampai bulan Desember mendatang. Terdapat 144 mahasiswa UM yang akan mengabdi di Sekolah Dasar yang tersebar di sekitar 26 kota/kabupaten di 5 provinsi yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Kunjungan Mahasiswa UM ke diknas Kota Malang

“Kami telah menemui Dinas Pendidikan Kota Malang hari ini. Kami melaporkan diri untuk dibuatkan surat tugas ke Sekolah Dasar yang akan kami tempati. Kebetulan kami akan mengabdi di SDN Karangbesuki 01 Kota Malang, jadi koordinasi kami dengan Diknas Kota Malang,” jelas Ersa Adira Anam Dastasia, mahasiswi Prodi Pendidikan Seni Rupa Angkatan 2018.

Program Kampus Mengajar Perintis ini adalah program dari Kemdikbud yang bertujuan untuk membantu sekolah dasar dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemic Covid-19 ini. Beberapa persiapan dilaksanakan sebelum hari H pelaksanaan di sekolah. Satu minggu sebelum pelaksanaan ini, semua mahasiswa yang tergabung dalam program telah dibekali oleh Kemdikbud terkait tugas apa saja yang akan mereka jalankan selama 2,5 bulan kedepan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pun telah memberikan sambutan di awal pembekalan mahasiswa pada Selasa (06/10) melalui aplikasi Zoom.

Dinas Kota Malang, kelompok SDN Sumbersari 02

“Teman teman ini akan menjadi jendela bagi kementrian pendidikan dan kebudayaan tentang apa yang sebenarnya terjadi di lapangan, apa inovasi inovasi yang bisa dilakukan mahasiswa di tingkat sekolah. Peran mahasiswa disini sangat penting untuk memastikan generasi muda Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak di masa pandemi ini.” ujar Nadhiem Anwar Makariem, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam sambutannya sebelum pembekalan KMP (6/10).

Pewarta: Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto: Mahasiswa UM yang tergabung dalam Program Kampus Mengajar Perintis