image_pdf
Majalah Komunikasi UM raih Silver Medal

Malang. Nida Anisatus Sholihah, S.Pd selaku staf MPIKA Universitas Negeri Malang (UM) sekaligus Redaktur Majalah Komunikasi UM serta tim memperoleh juara 2 (Silver Medal) dalam ajang Insprima. Diketahui ajang tersebut dilaksanakan pada Maret-April 2020.

Indonesia Student Print Media Award atau INSPRIMA merupakan sebuah ajang yang dinaungi oleh Serikat Perusahaan Pers. Diketahui ajang ini dilaksanakan setiap tahun. Nida selaku perwakilan dari tim mengatakan bahwa dari UM sendiri selalu mengikuti ajang tersebut di setiap tahunnya.

“Tema setiap tahunnya juga sangat bervariatif, pada tahun 2020 yang kita ikuti ini Insprima mengusung tema pembelajaran di UM saat pandemi” papar Nida.

Bagi Nida dan tim tema seperti itu memang sedang hangat diperbincangkan terlebih dengan keadaan yang sekarang ini masih dalam masa pandemi. Ia mengakui tidak mengalami kesulitan dalam menyusun majalah komunikasi tersebut, karena ia dan tim sangat bekerja sama dengan baik.

Kru Majalah Komunikasi UM

Nida menjelaskan bahwa sebenarnya ajang ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2020, namun dalam pemberian penghargaannya di bulan Februari 2021. Ia juga menjelaskan penghargaan dari ajang tersebut berupa piagam dan piala yang sedang diproses pengirimannya.

“Bagi saya Insprima ini merupakan ajang yang mengharuskan insan pers kompetitif, oleh karena itu kreatif dan inovatif sangat dibutuhkan juga dalam penyusunan majalah ini” tutur Nida.

Lanjutnya Nida memaparkan bahwa hal terpenting dalam sikap kompetitif tersebut dilihat tidak hanya dalam membuat media cetaknya yang mudah dibaca dan diterima oleh masyarakat, namun juga nilai-nilai grafis dan penentuan tema yang berkualitas serta memiliki unsur kedekatan dengan pembaca dan update, juga sangatlah penting.

Rizka Putriana – Internship Humas UM