image_pdf

Malang. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Alquran Study Club (ASC) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan acara berkancah nasional yang dihelat dua tahun sekali. Acara tersebut bernama Maqamah Madlmun Alquran (MAMAQ) IV 2019. Terdapat dua agenda yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran (LKTIA) dan seminar nasional kealqura’anan. Kedua rangkaian acara MAMAQ yang berlokasi di Aula Perustakaan dan Aula Pascasarjana tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu-Minggu (14-15/09).

LKTIA MAMAQ ini merupakan babak final yang diikuti oleh 10 finalis dengan 10 karya terbaik dari 42 karya yang terseleksi saat babak penyisihan secara online sebelumnya. Mereka berkesempatan mempresentasikan karya tulisnya dan memamerkan posternya. Juri dalam babak final tersebut berjumlah 7 juri dengan rincian 4 juri presentasi dan 3 juri poster. Ketujuh juri tersebut diantaranya adalah 1) Dr. Drs. H. M. Hadi Masruri, Lc., MA., M.Ag., 2) H. Faris Khoirul Anam, Lc., M.H.I., 3) Dr. Eny Latifah, M.Si., 4) M. Alifudin Ikhsan, S.Pd., M.Pd., sebagai juri presentasi, dan 5) Dr. Yusuf Hanafi. S.Ag., M.Fil.I., 6) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn., 7) Heppy Jundan Hendrawan, S.Sn., M.Ds., sebagai juri poster.

Acara puncak MAMAQ IV adalah Seminar Nasional Alquran dan pengumuman juara LKTIA. Seminar tersebut mengangkat tema “Akselerasi Literasi Al-Qur’an guna Mewujudkan Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani”. Pemateri dalam seminar tersebut adalah  Dr. Ahmad Taufiq, S.Pd., M.Si., dengan materi “Alquran sebagai Sumber Ide Karya Tulis Ilmiah” dan Dr. Mohammad Khlosion, M.Pd.I dengan materi “Mewujudkan Generasi Rabbani Berjiwa Qurani Melalui Literasi Alquran”.

Peraih Juara I presentasi adalah finalis yang berasal dari Institut Agama Islam Negeri Langsa dengan Judul artikel “Pola Asuh Anak Dalam Alquran (Analisis Terhadap Kisah Istri Imran)” sekaligus peraih predikat Best Presenter. Sedangkan Juara Kategori Best Poster ialah finalis dari Universitas Negeri malang dengan judul artikel “Thoyyib: Sistem Pengidentifikasi Dan Pengontrol Makanan Sisa Solusi Menyikapi Kemubaziran Makanan”

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Tim dokumentasi MAMAQ IV UKM ASC UM