image_pdf

Taiwan. Kemampuan dan prestasi sivitas akademika Universitas Negeri Malang (UM) kembali patut diapresiasi dikancah internasional. Kali ini, TIM UM yang berasal dari Fakultas Sastra Jurusan Seni dan Desain UM menjadi salah satu dari lima tim yang berhasil lolos dalam TDDC-2019 Taiwan Digital Design Camp Chapter II. Tim ini terdiri dua mahasiswa yakni Muhammad Idris Setiawan dan Maghfirah Aginda Putri, serta Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn. sebagai pembimbing. 

TDDC-2019 berlangsung di Taiwan sejak 13 Juli hingga 23 Agustus 2019. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan peserta dengan konsep kerja sama sebagai tim dan sharing dengan praktisi, pendidik dan mahasiswa dari Taiwan. Kegiatan tersebut diadakan oleh TEEP@ASIAPLUS Ministry of Education Taiwan yang bekerja sama dengan Da-Yeh University selaku tuan rumah.

Dalam kamp desain ini terdapat dua kategori, yaitu kategori Animation Design dan Mobile Video Advertising. Untuk lolos dalam TDDC-2019, Tim UM yang menjadi peserta dalam kategori Mobile Video Advertising telah bersaing dalam proses seleksi dengan sekitar 50 tim dari Perguruan Tinggi serta Sekolah Menengah Kejuruan lainnya. Dari proses seleksi tersebut, terpilih lima tim terbaik untuk mewakili Indonesia, dua tim untuk kategori Animation Design dan Mobile Video Advertising sejumlah tiga tim.

Selama TDDC-2019, peserta diberi kesempatan untuk belajar dan memperdalam skill yang dibina oleh para professor dan praktisi industri. Para peserta juga memiliki tugas besar mempersiapkan diri untuk kompetisi internasional, Oscar Award 2020. Selain dari segi kompetensi dan skill, mereka juga belajar tentang cross culture dengan mahasiswa lokal taiwan.

Diakhir kegiatan seluruh peserta berkolaborasi mendapat tantangan untuk membuat exhibition international yang dilaksanakan selama 2 hari. Muhammad Idris Setiawan menuturkan bahwa banyak manfaat yang didapatkan dari TDDC-2019. “Dari kegiatan ini dapat dibangun relasi dengan kampus di Taiwan untuk menjalin kerja sama dalam berbagai hal, seperti beasiswa studi, seminar intenasional dan exhibition,”ungkapnya. Melalui kegiatan ini, disisi lain Tim UM juga sedang mempersiapkan dan mematangkan startup yang digagasnya bersama para expert di Taiwan untuk mengikuti kompetisi bisnis nasional yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2019 di Indonesia.

Pewarta: M Idris Setiawan