image_pdf
Tahap Penyeleksian Duta Budaya dan Museum Kota Malang 2020

Malang-  Semangat  berprestasi empat mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) di tengah pandemi ini tidak pernah padam. Hal ini dibuktikan dengan turut andilnya mereka dalam perhelatan  pemilihan Duta Budaya dan Museum Kota Malang. Keempat mahasiswa UM itu, adalah Dhede Ilham Saputra mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2019, Jihan Tsabita Rona mahasiswa Manajemen angkatan 2019, Gesang Puji Wahyudi mahasiswa PGSD angkatan 2017, dan Cinthia Aisyah Saraswati mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2018.

Dua kategori kejuaran berhasil disabet oleh mahasiswa UM pada ajang tersebut. Kedua kategori itu, ialah Juara Harapan 1 Duta Budaya dan Museum Kota Malang 2020 yang disandang oleh Dhede Ilham Saputra dan Juara Favorit  Duta Budaya dan Museum Kota Malang 2020 yang disandang oleh Chintia Aisyah Saraswati. Kegiatan yang dilakukan secara daring pada tanggal 18 Juni 2020 ini tidak menghilangkan sedikitpun kesan meriah pemilihan Duta Budaya dan Musesum Kota Malang 2020.

Juara Favorit Duta Budaya dan Museum Kota Malang 2020

Dhede mengaku bahwa pelaksanaan pemilihan Duta Budaya dan Museum Kota Malang 2020 dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tahap penyeleksian yang dilakukan sebanyak dua kali ini memanfaatkan media sosial dan digital saat ini.  Tahap pertama, yaitu tes minat dan bakat, dilakukan  dengan ketetuan setiap peserta mengunggah video minat dan bakat di instagram. Kemudian tahap selanjutnya ialah wawancara, dengan ketentuan penerapan protokol kesehatan yang ketat, yaitu per kloter diisi 10 orang dalam satu ruangan.

Juara Harapan 1 Duta Budaya dan Museum Kota Malang 2020

Penampilan Dhede pada seleksi minat dan bakat sangat memukau berkat keterampilannya menari. Tari Topeng Bapang  merupakan tarian khas Kota Malang yang berhasil ditampilkannya dengan sukses diajang pemilihan Duta Budaya dan Museum Kota Malang 2020. Mahasiswa Sastra Indonesia itu juga menjelaskan motivasi dirinya mengikuti ajang bergengsi ini, walaupun pandemi belum berakhir.

“Motivasi saya yaitu saya tetap ingin berkarya di tengah pandemi seperti ini, mengembangkan segala sektor kebudayaan yang saya miliki serta disebarluaskan untuk mengenalkan kebudayaan dan musesum di Kota Malang” terangnya.

Foto Bersama Peserta Duta Budaya dan Museum Kota Malang 2020

Mahasiswa asal Kabupaten Malang tersebut juga menjelaskan kontribusi ke depan yang akan dilakukannya sebagai Duta Budaya dan Museum Kota Malang. Ia akan membantu program kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang untuk mengenalkan kebudayaan dan museum di Kota Malang.  

Pewarta : Salsabila Indana Zulfa-Internship Humas UM