image_pdf
Peserta Kemah Bakti Sejarah berfoto bersama

Malang. Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang (UM) offering A Angkatan 2017 baru saja melaksanakan kegiatan kelas yaitu Kemah Bakti Sejarah yang mengangkat tema “Berbakti Untuk Negeri Sebagai Penunjang Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu, 23-25 Agustus 2019 di Rt 08/ Rw 05 Dusun Sidodadi Desa Dawuhan Sengon Kecamatan Purwodadi Pasuruhan. Kegiatan tersebut di ikuti oleh mahasiswa prodi pendidikan sejarah offering A angkatan 2017 dan sasarannya yaitu warga Dusun Sidodadi Desa Dawuhan Sengon.

Kemah Bakti Sejarah ini dilaksanakan mulai keberangkatan dari kampus Hari Jumat dan di tutup pada Hari Minggu. Agenda yang dilaksanakan dalam kegiatan ini mulai dari sosialisasi mengenai alam, bakti sosial, nonton film bersama warga, kepelatihan, lomba 17 agustus dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan RI ke-74, dan kegiatan sosial lainnya.

Penyerahan bantuan kepada warga desa

Achmad Dicky Setiawan, selaku ketua offering menjelaskan mengenai kegiatan dan gambaran desa yang dituju.

“Jadi kegiatan yang dilakukan mulai dari sosialisasi mengenai konservasi alam khususnya sampah pampers, bakti sosial, mengadakan lomba 17 agustus, nonton film Laskar Pelangi bersama  dan adanya pembagian sembako untuk warga, selain itu untuk anak-anak disana dibuatkan perlombaan kecil-kecilan seperti makan choki-choki dan memasukkan paku ke dalam botol”.

Lebih lanjut Dicky menjelaskan bahwa di desa tersebut fasilitas dan akses jalan yang masih kurang. Sebelum menuju desa tersebut harus melewati jalan yang susah dan lumayan jauh dari akses jalan utama, listrik yang masih kurang dan harus berbagi 900 watt untuk 22 rumah penduduk, karena di dusun tersebut hanya ada 22 rumah warga. Di desa tersebut juga terdapat fasilitas lain seperti mushola, toilet dan semacam langgar.

Peserta Kemah Bakti Sejarah mempersiapkan sego bancakan

Debora Retno Astuti selaku mahasiswa offering A juga memberikan kesan dan pesan mengenai kegiatan ini.

“Kesan dari kegiatan ini adalah menjad pribadi yang lebih bersyukur karena ada yang lebih membutuhkan dari pada kita. Selain itu pesan di kegiatan ini adalah semoga keiatan seperti ini banyak digerakkan oleh teman-teman lain untuk lebih akrab dan dekat degan warga dan menjadikan kita berjiwa sosial tinggi. Satu lagi, harapan kami semoga setelah adanya kegiatan ini akses menuju desa ini diperbaiki sehingga memudahkan anak ataupun warga untuk beraktifitas”.

Pewarta : Riki Pratama Internship Humas UM