image_pdf

Kuala Terengganu. Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah salah satu kampus rujukan dan unggulan di Malang. Dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa dalam bidang akademik dan non-akademik,  UM menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan. Salah satunya yakni jurusan Teknologi Industri prodi Tata Busana UM yang menjalin kerjasama dengan perusahaan batik ternama di Kuala Terengganu Malaysia bernama Noor Arfa Craft. Bentuk kerjasama ini merupakan magang bagi Mahasiswa Jurusan Tata Busana selama 6 bulan.

Pada (5/5) rombongan dari UM berkesempatan untuk dapat berkunjung ke Noor Arfa Craft di Malaysia dan bertemu dengan mahasiswa yang sedang magang. Rombongan UM yang berkunjung ke Noor Arfa Craft terdiri dari Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. Rektor UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si Wakil Rektor 1, Ibu Evi Eliana Direktur Hubungan Internasional (HI), Prof. Dr. Mardji, M.Kes Dekan Fakultas Teknik (FT) dan Ibu Dr. Mazarina Devi, M.Si Ketua Jurusan Teknologi Industri.

Ibu Mazarina Devi menjelaskan tentang program yang sudah dilaksanakan selama 2 tahun belakangan oleh UM. “Program ini merupakan program jurusan yang sudah dilaksanakan selama 2 tahun, program ini adalah Matakuliah Praktik Industri dan setiap semesternya selalu ada. Program ini diperuntukan untuk mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 yang sudah mengambil matakuliah praktik dan sudah mengambil minimal 80 SKS,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ibu Mazarina menjelaskan bahwa diharapkan dari magang ini mereka mendapatkan ilmu yang lebih mengenai menjahit, desain dan mewarna. Disana mahasiswa bertempat tinggal seperti di asrama dan setiap 2 bulan sekali diadakan outbound untuk refleksi agar tidak jenuh.

Ibu Evi Eliana selaku Direktur HI menjelaskan mengenai kegiatan yang dilaksanakan di Noor Arfa Craft. “Pertama adalah sambutan-sambutan dari Rektor UM dan CEO Noor Arfa Craft selanjutnya penandatanganan MoU dan dilanjutkan dengan berkunjung ke area-area bisnis dibagian produksi tempat mahasiswa UM magang ditempat terebut”

Mahasiswa yang magang di Noor Arfa Craft tersebut, mulai magang dari bulan Februari sampai bulan Agustus. Jumlah mahasiswa yang mengikuti magang tersebut berjumlah 10 mahasiswa Program Studi  Tata Busana.

Pewarta           : Riki Pratama-Internship Humas UM