image_pdf
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia,
Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak menandatangani prasasti peresmian Soft Opening GKB proyek 4 in 1 IsDB UM

Malang. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak membuka secara resmi Soft Opening Gedung Kuliah Bersama (GKB) Universitas Negeri Malang (UM) pada Selasa (03/09). Pembangunan Gedung yang merupakan proyek 4-in-1 Islamic Development Bank (IsDB) tersebut telah memasuki minggu ke-51 dengan capaian 54% dan dicanangkan akan selesai pada Bulan Juni 2020 mendatang.

Acara tersebut dilaksanakan di lantai 1 GKB UM dan dihadiri oleh Wali Kota Malang, Perwakilan Wali Kota Batu, Rektor Universitas Brawijaya, Direktur PIU 4-in-1 IsDB dan seluruh pimpinan UM tingkat fakultas maupun universitas.

Menristekdikti RI, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. (ketiga dari kanan), Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd (Ketiga dari kiri), Direktur Sarana dan Prasarana SDID Kemenristekdikti, Dr. Mohammad Sofwan Effendi. M.Ed (kedua dari kiri), dan para Wakil Rektor UM

Gedung Kuliah Bersama ini, jelas Rektor UM, terdiri dari dua gedung yang memiliki tipikal yang sama dengan 9 lantai. Ia menempati areal lahan UM yang luasnya kurang lebih 39.640 m2 dengan luas lantai untuk kedua gedung tersebut sebesar 44.917 m2.

“Penggunaan 9 lantai untuk masing-masing gedung tersebut diantaranya adalah lantai 1 dan 2 digunakan untuk area parkir Mobil, laboratorium, ruang dosen dan ruang kuliah. Sedangkan untuk lantai 3-7 digunakan untuk ruang kelas, ruang seminar, ruang baca, ruang dosen, perpustakaan, dan common space area. Selanjutnya untuk lantai 8-9 digunakan untuk ruang auditorium, ruang serbaguna, ruang seminar, ruang testing center, dan laboratorium Bahasa,” jelas Prof. Dr. H. Ah. Rofi’udin, M.Pd., selaku Rektor UM dalam sambutannya.

Menristekdikti, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak menuliskan pesan dan kesan untuk Universitas Negeri Malang (UM)

Selain itu, gedung kembar ini juga dilengkapi dengan taman, amphitheatre, bangunan power house, saluran air hujan, plengsengan sungai, parkir kendaraan roda 2 dan 4, serta pedestrian.

Mentri Ristekdikti, Mohammad Nasir berharap pembangunan kedua gedung tersebut selesai dengan baik, semua selamat hingga akhir pembangunan. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada berbagai pihak diantaranya Islamic Development Bank (IsDB), Detail Engineering Design (DED),  dan seluruh petugas yang bekerja di lapangan.

“Kampus UM sudah bagus luar biasa. Selanjutnya adalah apa yang kampus berikan untuk negara? Sebagai kampus yang berkonsentrasi pada Learning University, UM diharapkan terus meningkatkan learning inovation. Kami tidak menuntut banyak, hanya bagaimana UM mencerdaskan anak bangsa dengan kualitas yang semakin tahun semakin meningkat,” pesannya.

Galeri Soft Opening Gedung Kuliah Bersama Proyek 4-in-1 IsDB-UM

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Humas UM