image_pdf
LATSAR 73 ANGGOTA BARU DARI MENWA 805 UM

Malang. Dalam menyambut Hari Pahlawan Tanggal 10 November 2019, Komando Resimen Mahasiswa Mahasurya Satuan 805 “Wira Cendikia” (MENWA) Universitas Negeri Malang  (UM) menyelenggarakan Renungan Suci dan Apel Kehormatan di Monumen dan Taman Makam Pahlawan Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) Malang pada Hari Sabtu (9/11). Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dari MENWA 805 UM dalam menyambut Hari Pahlawan. Tema dalam kegiatan tersebut adalah “Darah Perjuangan Untuk Bumi Pertiwi Demi Persatuan NKRI”. 

Kegiatan tersebut dimulai dengan Pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan oleh Komando Wachid selaku Ketua UKM MENWA 805 dan sambutan oleh Wakil Rektor III yang pada kegiatan tersebut diwakilkan oleh Staff ahlinya, dilanjutkan dengan kuis dan pemutaran film, serta di akhiri dengan kegiatan ini yaitu melakukan upacara dan tabor bunga.

APEL KEHORMATAN DI MAKAN PAHLAWAN TRIP MALANG

Selaku Ketua UKM MENWA 805 UM, Ahmad Wachid Nurlatif menjelaskan tentang kegiatan tersebut.

“Jadi kegiatan ini merupakan agenda tahunan kami setiap peringatan Hari Pahlawan, yaitu Renungan Suci dan Apel Kehormatan. Kegiatan ini diadakan untuk mengingat kembali perjuangan para Pahlawan atau arek-arek Surabaya yg bertempur melawan penjajah. Dengan demikian harapan kami sebagai pemuda dapat meneladani semangat juang para Pahlawan. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kita menghargai jasa para Pahlawan yg berjuang tidak hanya dengan kata-kata tetapi dengan darah dan nyawa direlakan demi Kemerdekaan Negara Indonesia”

Kegiatan ini diadakan di Monumen Makam TRIP karena TRIP merupakan embrio dan termasuk dalam perjalanan terbentuknya Resimen Mahasiswa, hanya saja TRIP adalah pelajar pejuang sedangkan MENWA adalah pemikir pejuang pejuang pemikir

Lebih lanjut, Mita Pratama selaku Ketua Pelaksana kegiatan juga menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya dan baru tahun 2019 ini didatangi oleh Paguyuban TRIP. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan UKM UM dan tentunya Latsar 73 yang merupakan anggota baru dari MENWA 805 UM. Terkait konsepan acara pada malam hari ini masih sama seperti tahun lalu.

Pewarta : Riki Pratama- Internship Humas UM