image_pdf

Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Bahasa Indonesia Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Bakti Literasi dengan tema “Gerakan Literasi dan Peduli Lingkungan dalam Cipta Karya Sastra serta Aksi Tanam Bakau”. Acara tersebut dilaksanakan selama dua hari bertempat di SMP Ali Utsman Gondanglegi dan Pantai Clungup Mangrove Conservation Tiga Warna pada hari Jumat-Sabtu (22-23/07/2022). Hari pertama acara dihadiri oleh pembina HMD Bahasa Indonesia Cicik Tri Jayanti, S.Pd, M.A., serta pembicara pelatihan cipta puisi oleh Prof. Wahyudi Siswanto, M.Pd.

Pada sambutannya Ibu Cicik Tri Jayanti, S.Pd, M.A., menjelaskan tentang tujuan dari Bakti Literasi. “Tujuan dari bakti literasi adalah menciptakan dan mengabadikan hal-hal yang ada pada sekitar kita melalui karya sastra khususnya puisi. Tujuan tersebut direalisasikan dengan mendatangkan langsung Profesor ahli pada bidang puisi yaitu Prof. Wahyudi Siswanto, M.Pd., dengan mengajarkan banyak hal tentang praktik secara langsung seputar pembuatan puisi.

Pada kesempatan yang sama Kepala Sekolah SMP Ali Utsman menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam terhadap HMD Bahasa Indonesia UM. “Kami sangat berterima kasih sekali karena teman-teman dari UM bersedia menempatkan acara Bakti Literasi di sekolah kami. Hal tersebut sangat membanggakan karena sekolah kami terletak di desa dan jauh dari keramaian kota Malang. Bakti Literasi ini sangat bermanfaat bagi kami, karena ketika saya baca makna literasi ini sangat luas yaitu kemampuan seseorang untuk membaca dan menulis dan acara ini penekanannya pada sastra. Hal tersebut sejalan dengan firman Allah tentang Iqra’ (membaca). Membaca memiliki banyak hal, bisa membaca tulisan dan bisa membaca lingkungan. Hal tersebut merupakan penekanan untuk peduli terhadap sekitar. Setelah itu, hal yang harus dilakukan adalah mengaplikasikan kepedulian tersebut bisa dengan salah satunya ditulis dalam wujud puisi,” paparnya.

Hari kedua acara dilaksanakan di Pantai Clungup Mangrove Conservation Tiga Warna dengan diawali pembacaan puisi oleh siswa-siswi SMP Ali Utsman kemudian pembekalan tentang cara pembibitan pohon bakau oleh pihak pemandu pantai yang kemudian dilanjutkan dengan proses tanam bakau oleh pemandu bersama para siswa. 

Internship Humas UM -Nahdiatul Affandiah