image_pdf

Malang. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) menyelenggarkan workshop Pelatihan Penyusunan Artikel Pengabdian kepada Masyarakat di Gets Hotel Malang pada Selasa (06/08). Workshop yang dihadiri oleh 46 dosen muda dan Tim Pengembang Jurnal LP2M tersebut merupakan pelatihan untuk menyambut terbit perdananya Jurnal Graha Pengabdian (JPG) oleh LP2M di penghujung Agustus nanti. Acara dibuka oleh sekretaris LP2M, Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd., M.Ag.

Dr. H. Agung Winarno, M.M., selaku Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Wilayah dan Kuliah Kerja Nyata (PSWKKN) LP2M menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk membekali dosen muda agar dapat menulis artikel ilmiah dengan baik dan benar. Mayoritas dosen muda yang hadir merupakan pembimbing lapangan yang melakukan pengabdian masyarakat bersama dengan KKN mahasiswa.

“Jurnal Graha Pengabdian ini akan diterbitkan empat kali dalam setahun. Setiap terbitannya berisi sekitar 10 artikel ilmiah. Harapannya semoga worshop ini bisa memberikan bekal kepada  para dosen pembimbing lapangan, sehingga mereka bisa mempublikasikan kegiatan pengabdian masyarakat yang dia bimbing di pedesaan dalam bentuk artikel ilmiah,” ujarnya.

Narasumber dalam workshop ini didatangkan dari Universitas Negeri Jember (UNEJ) yakni Dr. Ir. Soni Sisbudi Harsono, M.Eng., M.Phil. dan Universitas Negeri Semarang (UNNES) yaitu Widiyanto, S.Pd., M.Kom.,

Materi yang disampaikan oleh Ir. Soni Sisbudi, selaku Dosen Fakultas Teknologi Pertanian UNEJ, adalah membekali peserta terkait teknik-teknik penulisan artikel pengabdian kepada Masyarakat. Sedangkan materi yang disampaiakan Widyanto, selaku staff pengelola jurnal UNNES, adalah mempersiapkan pengelolaan jurnal pengabdian kepada masyarakat bereputasi. Diantaranya adalah mengenai reputasi jurnal, bahwa hal yang diperhatikan sehingga jurnal tersebut menjadi jurnal yang bereputasi adalah dengan indeksasi, sitasi dan kunjungan atau keterbacaan.

“Langkah yang harus difahami dalam pembuatan jurnal yaitu menentukan strategi pengembangan jurnal ilmiah, meningkatkan kualitas artikel, memperhatikan kelengkapan jurnal, kelengkapan website, perhimpunan artikel dan penentuan struktur organisasi,” jelasnya.

Pewarta    : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM