image_pdf
Barongsai Dewa sakti dari Klenteng Eng An Kiong

Malang. Dalam rangka perayaan Imlek, Pusat Bahasa Mandarin (PBM) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan perlombaan drama bertema ‘Dongeng Tiongkok’. Perlombaan yang diselenggarakan Sabtu (1/2) di Sasana Budaya UM itu diikuti oleh peserta dari berbagai universitas yang ada di Jawa timur. Perlombaan ini diadakan sebagai bentuk partisipasi PBM dalam memeriahkan perayaan Imlek tahun 2020.

Acara ini dibuka dengan pertunjukan Barongsai Dewa sakti dari Klenteng Eng An Kiong dan penampilan Tari Tradisional Genjring oleh mahasiswa Fakultas Sastra. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari beberapa pimpinan yang hadir. Diantaranya Ketua Jurusan Sastra Jerman Dr. Edy Hidayat, S.Pd, M.Hum, Direktur Pusat Mandari Indonesia Evi Eliyanah S. S. MA. Dan Direktur Pusat Bahasa Mandarin China Liao Guirong.

Sesi Fashion Show

Dalam sambutannya Direktur Pusat Bahasa Mandari Indonesia, Evi Eliyanah S.S., M.A menyampaikan beberapa hal.

“Setiap tahunnya PBM selalu berusaha mengadakan acara yang meriah untuk perayaan taun baru Imlek. Namun di tahun 2020 ini, ditengah  kemeriahan kami juga menyimpan kesedihan atas apa yang tengah terjadi di China sana. Mari kita doakan dan beri semangat pada mereka. Agar mereka diberi kebahagiaan seperti layaknya kita disini.” ujarnya.

Sambutan Direktur HI UM Evi Eliyanah S. S. MA

Lebih lanjut Evi Eliyanah juga menegaskan bahwasanya perayaan imlek ini penting bagi kita semua warga Indonesia. Perayaan Imlek sendiri penting bagi masyarakat Indonesia dan untuk menafsirkan kembali Indonesia sebagai bangsa yang menghargai keberagaman. Diharapkan dengan adanya perayaan Imlek ini kita bisa lebih menghargai lagi keberagaman yang ada.

Dr. Edy Hidayat, S.Pd, M.Hum selaku Ketua Jurusan Sastra Jerman juga menyampaikan rasa senangnya akan acara ini dan mudah-mudahan dengan diselenggarakannya perlombaan ini mahasiswa kami mendapat banyak pelajaran.

Sesi foto bersama

Selain kegiatan perlombaaan drama yang menjadi acara inti. kegiatan ini juga di meriahkan dengan berbagai pertunjukan. Seperti tari tradisional China oleh mahasiswa Fakultas Sastra, Fasion show dan juga undian angpao kepada para tamu yang hadir. Saat mengisi absensi, para tamu akan mendapat nomor undian dari panitia. Nantinya nomor tersebut akan di undi dan barang siapa yang beruntung akan mendapat berkah berupa angpao.  

Pewarta : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas UM

Pewarta Foto : Tim Dokumentasi Internship Humas UM