image_pdf
Rektor berfoto bersama dengan para wisudawan setelah proses pengukuhan

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar acara wisuda ke-105 secara virtual melaui platform Zoom dan live melalui kanal Youtube serta luring dengan pengaturan pembatasan peserta yakni hanya 2 perwakilan dari setiap fakultas di Graha Cakrawala pada Sabtu (06/03).

Jumlah wisudawan yang terdaftar dalam wisuda ke-105 ini sebanyak 1.246 orang, yang terdiri dari 59 orang program Doktor, 132 orang program Magister, 1.031 orang program Sarjana dan 24 orang program Diploma. Namun dari jumlah yang ada diatas, hanya 950 orang yang mengkonfirmasi hadir mengikuti acara wisuda daring ini. Konfirmasi kehadiran ini guna disebutkan dan ditampilkan nama wisudawan di layar sebagai ganti prosesi wisuda, karena keterbatasan keadaan.

“Kami sampaikan selamat atas keberhasilan wisudawan dalam menyelesaikan kuliah untuk meraih gelar pada jenjang Diploma (D3), Sarjana (S1), Magister (S2) maupun Doktor (S3). Saya juga berpesan kepada anda semua bahwa image UM di masyarakat tentu tidak terlepas dari perilaku anda di tengah masyarakat, maka jagalah nama almamater anda. Jangan berhenti belajar dan belajarlah sepanjang hayat, jadilah agen perubahan dimanapun anda berada, jalankan kegiatan anda dengan kerja keras, jujur, disiplin dan bertanggung jawab,” pesan Prof. Dr. H. Sukowiyono, S.H., M.Hum. selaku ketua Senat UM dalan sambutannya

Wisudawan FIP UM mendapatkan ucapan selamat dari Rektor

Dari jumlah lulusan wisuda ke-105 di atas, terdapat 4 (empat) wisudawan yang berhasil meraih predikat lulusan terbaik bidang akademik tingkat universitas. Predikat ini diukur berdasarkan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan, nama-nama tersebut adalah :

  1. Program Diploma III : Iqbal Fandana, A.Md; IPK = 3,62; lama studi 6 semester; Program Studi Diploma III Teknik Sipil dan Bangunan, Fakultas Teknik (FT); yudisium Dengan Pujian.
  2. Program Sarjana : Nailatul Muhajiroh, S.Pd; IPK = 3,96; lama studi 7 semester; Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi (FE); yudisium Dengan Pujian.
  3. Program Magister : Rina Ismawati, M.Pd; IPK = 3,99; lama studi 3 semester; Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP); yudisium Dengan Pujian.
  4. Program Doktor : Dr. Iswandani Kaslan; IPK = 3,96; lama studi 7 semester; Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra (FS); yudisium Dengan Pujian.

Sedangkan untuk predikat lulusan terbaik bidang non akademik tingkat universitas diraih oleh Ari Gunawan, S.Pd; Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi (FE). Dengan demikian, UM telah meluluskan sebanyak 136.855 orang, terdiri atas 2.011 orang program Doktor; 10.447 orang program Magister; 104.688 orang program Sarjana dan Diploma III; 1.696 orang lulusan PPG; dan 18.013 orang program Non Gelar.

“Lulusan UM harus terus meningkatkan kualitas, kompetensi dan kapanilitasnya, terutama pada aspek kepemimpinan dan kerja sama tim, kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global, serta kemampuan entrepreneurship (kewirausahaan). Singkatnya peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan pilar utama yang tidak dapat diabaikan dan menjadi keniscayaan yang harus digarap oleh para wisudawan,” ungkap Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd. dalam sambutannya.

Ditemui diakhir acara, Dr. dr. H. Moch. Yunus, M.Kes, selaku ketua pelaksana wisuda ke-105, M.Kes. mengungkapkan, jika untuk waktu yang akan datang pelaksanaan wisuda masih harus dilaksanakan secara daring. ”Untuk kedepannya, kami akan membatasi jumlah yang ikut wisuda hanya untuk 850 orang dan akan menambah gelombang wisuda dalam satu tahun, hal ini untuk mempersingkat waktu pelaksanaan wisuda,”ungkapnya.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM