image_pdf

Malang. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan workshop Small Scale Chemistry, project dari The Chemical Society of Thailand dengan The Indonesian Chemical Society. Workshop yang dilaksanakan di Gedung A3 UM pada Senin (15/07) tersebut diikuti oleh 100 orang yakni 96 guru kimia SMA/SMK/MA se-Jawa Timur dan 4 dosen Kimia FMIPA UM. 10 orang terbaik dalam workshop ini akan diberangkatkan ke Bangkok untuk menjalani training lanjutan.

Tujuan diadakannya workshop ini, jelas Prof. Sri Rahayu selaku ketua panitia, adalah untuk meminimalisir jumlah limbah bahan-bahan kimia yang tidak digunakan lagi setelah melakukan eksperimen. “Limbah bahan kimia akan mencemari lingkungan, diadakannya workshop Small Scale ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada tenaga pendidik Kimia agar dapat melakukan eksperimen dengan skala kecil, baik jumlah bahannya maupun alatnya. Sehingga akan memperkecil buangan dan dapat menyelamatkan lingkungan dari bahan-bahan kimia berbahaya tersebut. Kuncinya adalah ramah lingkungan,” tambahnya.

Trainer dalam workshop tersebut berjumlah 22 orang, terdiri dari 13 orang dari Bangkok dan 9 orang dari guru-guru Indonesia yang telah melaksanakan training pada tahun 2018 lalu. Prof. Dr. Supawan Tantayanon selaku direktur dari The Small-Scale Chemistry Project dan wakil dari Bangkok Bank memimpin rombongan trainer dan akan menjadi narasumber utama dalam workshop tersebut.  

“Pendidikan sangat penting bagi manusia. Bangkok Bank memperhatikan kualitas pendidikan di Asia, Ia ingin membantu memberikan pendidikan yang baik bagi generasi muda. Kami mendukung penuh inovasi dan pendidikan, agar kekuatan pendidikan di Asia menjadi lebih kuat. Melalui workshop ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada pelajar untuk melakukan eksperimen yang ramah lingkungan melalui tenaga pendidik yang telah melaksanakan training disini,” ujarnya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Faizal Indaryanto – Internship Humas UM