image_pdf

Malang. PKM Center Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan Monitoring Evaluasi (Monev) Pertama bagi mahasiswa yang lolos pendanaan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) pada Rabu (23/06). Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan juga secara luring di Gedung A2 UM dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat selama dua hari dengan pembagian setiap skimnya (pengelompokan jenis kategori proposal PKM) dengan tujuan agar lebih efisien.

Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M., selaku koordinator tim penalaran menyatakan bahwa Monev PKM akan dilakukan sebanyak 3 kali dengan tujuan untuk pematangan ide atau konsep. “Monev ini akan dilaksanakan sebanyak 3 kali, sembari menunggu monev dari pihak eksternal yang tim reviewernya sudah tingkat nasional dari Jakarta. Tujuan awal dari Monev ke-1 ini untuk pematangan ide atau konsep sehingga diawal adek-adek yang proposal PKM nya didanai sudah tidak bingung lagi jika ditanyai oleh tim  reviewer dari luar. Di UM sendiri ada dua fase pembinaan, yakni pembinaan tingkat fakultas yang dikordinir oleh Wakil Dekan III dan tingkat universitas yang dikordinir langsung oleh Wakil Rektor III,” ujarnya.

PKM merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbudristek untuk memfasilitasi potensi mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah mereka pelajari di bangku perkuliahan kepada masyarakat luas.  Kegiatan akan dilaksanakan selama satu tahun dan akan berakhir di ajang Pimnas.

Dalam sambutannya Wakil Rektor III, Dr. Mu’arifin, M.Pd., mengatakan bahwa Monev atau pembinaan selanjutnya mungkin akan dilaksanakan secara luring penuh. “untuk kedepannya pembinaan akan dilaksanakan secara luring, karena pihak PTIK sudah menyiapkan asrama bagi peserta PKM yang tidak berdomisili di Malang, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar pembinaannya lebih intensif,” ungkapnya.

Terakhir, Dr. Heny berharap PKM UM bisa memperoleh peringkat tiga besar atau bahkan satu besar di Pimnas nanti. “Harapan saya bisa merealisasikan apa yang telah dicita-citakan oleh Rektor, yakni menjadikan PKM UM meraih tiga besar di Pimnas, jika beruntung bisa masuk di posisi satu besar juga. Maka dari itu kami dan Tim PKM center UM berusaha semaksimal mungkin dalam kegiatan Monev dan pembinaan ini. Untuk rencana kedepannya kami akan membuat website khusus PKM dengan harapan semua mahasiswa yang ikut PKM bisa lebih mudah dalam hal mengupload berkas dan lebih terstruktur,” pungkasnya.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM