image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan Monitoring Internal 1 PKM Pendanaan tahun 2019  pada 13 mei 2019 di beberapa ruangan Graha Rektorat UM. Kegiatan yang diantaranya diselenggarakan di Aula 1 Lt1 Grarek, Ruang Rapat Kemahasiswaan Grarek Lt2, dan Ruang Rapat BUK Grarek lt3 ini diadakan untuk mempersiapkan kelompok lolos pendanaan PKM agar siap dan dapat maju ke PIMNAS.

Menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) UM terus melakukan persiapan agar mendapatkan hasil maksimal. Peserta akan terus dibimbing serta di dampingi agar PKM yang dibuat menjadi sempurna. Pada kesempatan kali ini turut hadir Wakil Rektor 3 serta Ketua Tim Program Kreatifitas Mahasiswa(PKM) Universitas Negeri Malang (UM).

Monitoring pertama ini diadakan pada 3 lantai gedung Graha rektorat yaitu kelas pertama berada diruang rapat Kemahasiswaan lantai 2 , kelas kedua berada di aula lantai 1 , kelas ketiga berada di ruang rapat lantai 3. Pembagian kelas disesuaikan dengan PKM yang dibuat. Kelas pertama yaitu PKM-K dan PKM-T, kelas kedua yaitu PKM-PE dan PKM- KC, sedangkan kelas ketiga yaitu PKM -PSH dan PKM- M. Pengelompokan ini dilakukan agar peserta dapat berkonsultasi dengan juri yang memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan PKM yang dibuatnya.

Peserta monitoring mempresentasikan hasil PKM di hadapan juri internal,  juri internal ini adalah juri dari UM sendiri. Presentasi dilakukan agar juri dapat mengetahui  apa saja kekurangan serta kelebihan yang peserta miliki, selain itu hal ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta sebelum maju ke PIMNAS. Dengan adanya monitoring ini peserta dapat menggali lebih dalam bagaimana PKM yang ia buat.  Pada monitoring selanjutnya tim PKM akan mendatangkan juri eksternal, hal ini dilakukan agar peserta semakin matang untuk maju ke PIMNAS.

“Saya sangat tegang, karena ini adalah monitoring yang pertama. Saya sudah mempersiapkan materi ini dari bulan Maret”. ujar Alif peserta lolos  pendanaan PKM.”Monitoring ini sangat membantu karena saya dapat lebih memahami apa kekurangan dari PKM saya. Monitoring ini juga di laksanakan seperti simulasi penjurian seluruhnya, jadi hal ini sangat membantu saya”.lanjutnya.

Pewarta: Adinda Nur Melati – Internship Humas UM