image_pdf

Malang. Banyaknya alumni Universitas Negeri Malang yang tersebar di seluruh Indonesia, maka diselenggarakannya rangkaian kegiatan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) salah satunya Musyawarah Nasional (Munas) di Aula Graha Rektorat Lt.9 pada Sabtu (14/9). Tercatat beberapa agenda yang dilaksanakan yaitu laporan koordinator Munas, sambutan, sarasehan, laporan pertanggungjawaban PP IKA UM periode 2015/2019, revisi dan pengesahan AD ART, pemilihan dan pelantikan ketua umum IKA UM 2019-2023.

Disampaikan oleh Drs. Sutrisno, S. Pd., M. Pd. peserta yang hadir sudah mewakili wilayahnya masing masing, “Peserta Munas tahun ini dihadiri oleh 56 peserta dari pengurus fakultas, 72 peserta dari 31 pengurus wilayah dan 10 calon pengurus wilayah,” Jelasnya. Dilanjutkan bahwa kewilayahan IKA UM juga berada di provinsi Nakhon Thailand.

Ketika diwawancara Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed. , M.Si. mengaku bahwa peran alumni sangat penting dalam universitas, “Adanya Munas ini kami akan membentuk pengurus yang baru dengan memilih ketua. Saya harapkan dengan keberadaan IKA UM ini dapat memberikan manfaat bukan hanya kepada lulusan atau alumni saja,  tetapi juga pada UM. Dengan adanya aplikasi alumni UM yang akan tersedia di play store nanti akan memberikan partisipasi yang besar. Diharapkan dengan aplikasi ini alumni dapat memberikan informasi pekerjaan, networking, kerja sama dan sumbangan lainnya.” ungkapnya.

Puncak acara dibacakannya susunan pengurus pusat IKA-UM periode tahun 2019-2023 yang diangkat diantaranya: 1. Pembina yaitu Prof. Dr. H. AH. Rofi’uddin, M. Pd. selaku rektor UM dan Dr. Mu’arifin, M. Pd. selaku Wakil Rektor III UM. 2. Penasehat yaitu Hamid Muhammad, M. Sc., Ph. D. dan Drs. H. Murdibjono, M. A.3. Pengurus harian yaitu Prof. Dr. H. Suparno, sebagai ketua umum. Prof. Dr. Moh. Ainin, M. Pd. sebagai ketua I, Drs. Bambang Mudjiono sebagai ketua II, Drs. Sutrisno, S. Pd., M. Pd. selaku III, Dra. Fatmawati sebagai Sekretaris Jenderal , Drs. Taat Setyohadi  sebagai Sekretaris,  Drs. Achmad Zunaedi sebagai Bendahara.Usai ditetapkan pengurus IKA UM periode 2019-2023 acara dilanjutkan dengan foto bersama dan penyampaian ucapan selamat.

Sebagai ketua umum terpilih IKA UM periode 2019-2023, Prof. Dr. H. Suparno menerima dengan rasa syukur atas amanah yang diberikan, “Saya dengan niat menindaklanjuti amanah yang telah diberikan untuk membesarkan dan memberdayakan IKA UM, sehingga dapat berkontribusi besar. Kontribusi tersebut akan kami upayakan dengan adanya kerja sama yang sangat kuat, bantu-membantu antar pengurus dan dalam memprospek IKA maupun intitusi. Harapan saya IKA UM ini secara bertahap menjadi kokoh dan kuat dengan bukti-bukti nyata kerja di lapangan dalam membangun UM.” jelasnya saat ditemui di acara Munas.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Tatagraha Rahmanda – Internship Humas UM