image_pdf

Malang. Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain (HMJ Sedesa) Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar pameran seni atau biasa disebut dengan Novart secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat di Dewan Kesenian Malang (DKM) pada Jum`at-Minggu (19-21/11/2021). Novart yang merupakan program kerja dari HMJ Sedesa ini digelar sekali dalam dua tahun dan menjadi penutup seluruh kegiatan di HMJ Sedesa masa abdi 2021 dengan mengangkat tema “Muda Mudi”.

Ditemui untuk wawancara, Nuzhan Alnor, ketua pelaksana Novart 2021 ini menceritakan alasana Novart tahun ini mengangkat tema tersebut. “Alasannya adalah untuk menampung segala aspirasi, cerita hingga pengalaman para muda mudi untuk dipamerkan dalam bentuk lukisan. Intinya mengambil budaya muda mudi untuk dipamerkan. Tapi ini tidak terbatas bagi muda mudi di jaman sekarang, semua orang yang pernah muda bisa ikut berpartisipasi dengan cara menceritakan masa mudanya sesuai dengan era nya masing-masing,” ujarnya.

“Rangkaian kegiatan Novart ini sebenarnya sudah dimulai sejak bulan Agustus lalu dengan agenda acara : Pameran online di bulan agustus yang digelar melalui website novart.com lalu mini exhibition, webinar kewirausahaan dan industry kreatif, hingga live mural bersama para seniman dari UM maupun luar UM. Dan acara puncaknya yakni pameran dan live music yang digelar sekarang ini,” imbuhnya.

Ira Kusherawati, selaku Koordinator divisi Acara Novart 2021 mengaku acaranya ini berjalan sukses dan mendapatkan banyak apresiasi dari para pengunjung. “Para pengunjung merasa puas atas pemeran novart yang kami gelar sekarang meski menggunakan regulasi yang sedikit ribet dikarenakan kondisi pandemi yang belum usai. Tapi semua bisa berjalan lancar hingga acara berakhir. Pengunjung pameran pun berasal dari banyak daerah di Indonesia, karena kami mengundang kurang lebih 56 kampus dan komunitas seni di seluruh Indonesia. 

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.