image_pdf

Malang. Himpunan jurusan fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) adakan olympiade fisika tingkat universitas se-Jawa Timur yang bernama Nucleon Physic Competition (NPC). Olympiade ini dilangsungkan pada Sabtu (27/04) di gedung O8 FMIPA. Tema yang diangkat adalah “Aksi Nyata Saintis Muda untuk Indonesia Berkarya”. Peserta berasal dari universitas-universitas se-Jawa Timur baik negeri maupun swasta. 

“Olympiade ini diikuti oleh mahasiswa jurusan fisika dan teknik di universitas se-Jawa Timur. Terdapat 3 tahapan, tahap pertama penyisihan, lalu diambil 8 peserta terbaik untuk maju di semifinal, dan terakhir 5 peserta terbaik akan mengikuti babak final,” jelas Amar Muksid Albari Kemal, ketua pelaksana NPC.

Tahapan pertama yakni babak penyisihan, dilakukan dengan mengerjakan soal-soal olympiade fisika. Selanjutnya, untuk babak semifinal peserta akan melakukan praktikum. Peserta diberi sebuah permasalahan dan disediakan alat-alat untuk praktikum. Lalu, peserta akan menulis laporan mengenai praktikum tersebut. Kemudian 5 finalis akan bertanding di babak final, mereka memperebutkan nilai dalam laga cerdas cermat. Lima finalis tersebut mendapat juara I hingga harapan II.

Juara I diraih oleh Universitas Negeri Malang. Juara II diraih oleh Universitas Barawijaya Malang. Selanjutnya Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menempati juara III, lalu disusul oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai juara harapan I. Terakhir juara harapan II diraih oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

“Goalnya bukan trophy, ini bagian dari cara saudara untuk menggali pengalaman, menimba ilmu, mencari teman, membentuk karakter yang nanti mudah-mudahan akan bermanfaat bagi kehidupan saudara kedepannya,” pesan Dr. Hari Wisodo, S.Pd, M.Si, ketua jurusan fisika FMIPA UM.

Pewarta : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM