image_pdf

Malang. Petemuan keempat One Asia Lecture Series (OALS) Universitas Negeri Malang (UM) 2019 diselenggarakan dengan mengundang Dr. Abdul Wahid, M.Hum., M. Phil, dosen dari Universitas Gajah Mada. Tema yang diangkat adalah “The Cost of Conflist : Psychological and Culture Effect of Conflict“. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula AVA Fakutas Sastra UM pada Kamis (21/03) dari pukul 10.45 hingga 12.30 WIB.

Peserta yang menghadiri pertemuan keempat OALS ini berjumlah sekitar 150 orang. Mereka semua mengikuti OALS untuk menambah materi sebagai bahan tugas akhir. Rangkaian kegiatan OALS ini memang mewajibkan pesertanya mengerjakan tugas akhir baik berupa artikel ilmiah, booklet atau video. Setelah acara OALS ini nanti berakhir, project dengan hasil terbaik akan mendapatkan apresiasi berupa hadiah, salah satunya adalah scholarship ke luar negeri di Benua Asia.

Abdul Wahid, sebagai pembicara, menjelaskan materi mengenai dampak peperangan ditinjau dari bidang ekonomi. Sebelumnya, Ia menceritakan sekilas sejarah dunia di waktu peperangan. Pembahasan mengenai Perang Dunia I dan Perang Dunia II menarik perhatian peserta, tak hanya itu, dosen sejarah UGM ini juga membeberkan masalah runtuhnya Jepang setelah PD II. Bagaimana Jepang bisa bangkit dari keterpurukan itu. Keadaan ekonomi Jepang yang memburuk sehingga membutuhkan bantuan dari beberapa negara untuk menyuplai kebutuhan bahan baku, salah satunya adalah Indonesia.

“Setiap Peperangan selalu menghasilkan kerusakan yang besar. Dampak peperangan tak hanya di bidang sosial tetapi juga di bidang ekonomi dan psikologi. Setelah Perang Dunia II usai, kita hanya bisa berharap tidak akan terjadi peperangan lagi.” ujarnya

Setelah materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Terdapat lima orang yang bertanya mengenai masalah yang berhubungan dengan peperangan dan ekonomi. Acara terakhir adalah penyerahan cinderamata dari UM kepada Dr. Abdul Wahid, M.Hum., M.Phil.

Pewarta : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM