image_pdf

Malang. One Asia Lecture Series (OALS) Universitas Negeri Malang (UM) telah rampung, pertemuan terakhir sekaligus penutupan OALS dilaksanakan di Graha Rektorat UM pada hari Jumat (26/04). One Asia Foundation dari Jepang selaku organisasi yang bekerjasama dengan UM dalam mengadakan kegiatan kuliah tamu ini memberikan beasiswa penghargaan kepada 20 peserta terbaik OALS 2019. Penghargaan ini diberikan untuk memberikan apresiasi kepada peserta yang aktif, projek yang bagus dan berdasar indikator-indikator lainnya.

Sebelum penganugerahan penghargaan, dilaksanakan kuliah tamu terakhir oleh Dianni Risda, S.Pd., M.Ed., dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia sekaligus perwakilan One Asia Foundation Indonesia. Ia menjelaskan mengenai budaya dan hal-hal lain yang berhubungan dengan Jepang.

“Mahasiswa harus memiliki wawasan international dan berpengalaman luas. Sehingga tidak hanya menjadi mahasiswa yang lulus tepat waktu tetapi juga mendapatkan pengalaman tambahan, eksposure nasional dan internasional,” ujar Evi Eliyanah, S.S., M.A., direktur Hubungan International UM.

Hidekazhu Nishizuka, sekertaris umum One Asian Foundation Jepang memberikan sambutan saat kuliah tamu berakhir. Ia menyampaikan mengenai One Asia Foundation. Identitas, tujuan, harapan, dan universitas-universitas yang telah tergabung dan bekerjasama dengan One Asia Foundation. “One Asian Foundation ini bertujuan untuk membentuk masyarakat yang damai, tidak ada pergeseran maupun peperangan, perselisihan antar suku bangsa, golongan, agama atau kepercayaan,” terangnya.

Terdapat 20 peserta yang mendapatkan beasiswa, dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama adalah excellent awards, tiga peringkat teratas dengan beasiswa sejumlah $320, $300, dan $280. Kelompok kedua dinamakan achievment awards, tiga peringkat tersebut mendapat beasiswa berjumlah $260, $240, dan $220. Dilligent awards adalah kelompok ketiga dengan 4 orang yang mendapatkan $200, $180, $160, dan $140. Kelompok terakhir berjumlah 10 orang yang masing-masing mendapatkan $130.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM