image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menggelar acara Open House pada Jumat (23/02). Acara perdana UM yang berlangsung di Graha Cakrawala ini dihadiri oleh Rektor UM, Wakil Rektor I, Wakil Rektor IV serta jajaran Dekan. Acara yang diikuti oleh sebanyak empat ribu siswa SMA, SMK dan MA ini membuka peluang bagi sekolah untuk berinteraksi secara langsung dengan tim promosi UM untuk mendapatkan informasi tentang jalur seleksi masuk (SNBP, SNBT dan Mandiri), fakultas, hingga program studi yang dimiliki oleh UM. Selain itu, acara Open House ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan informasi tentang peluang karir dari masing-masing program studi yang dimiliki UM.

Peserta yang hadir pada Open House kali ini tidak hanya berasal dari Malang Raya namun juga dari berbagai kota di Jawa Timur. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor IV UM, Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ini merupakan acara untuk lebih dalam mengenal UM. “Kegiatan ini membuka ruang bagi para calon mahasiswa baru untuk lebih dekat lagi mengenal UM”, ungkap Prof. Arif.

Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D., Wakil Rektor IV UM memberikan sambutan dalam acara Open House UM

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. sekaligus membuka acara Open House kali ini. “Acara ini berfokus untuk mengenalkan UM kepada masyarakat lebih luas terutama untuk para siswa SMA atau setingkatnya yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi”, jelas Prof. Hariyono.

“Harapannya untuk seluruh siswa yang hadir dapat mengenal UM lebih jauh dan dapat mengetahui mengenai mana Prodi kependidikan dan yang non kependidikan”, tambah Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Open House UM

Acara kemudian dilanjutkan dengan Talkshow yang diisi langsung oleh Wakil Rektor I UM Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd. Dalam talkshow ini seluruh siswa yang hadir diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai jalur masuk yang ada di UM dan juga seputar penerimaan mahasiswa baru 2024 mengingat pada penerimaan mahasiswa baru 2024 UM menambah kuota penerimaan mahasiswa baru 2024, rata rata kenaikannya adalah 20%, dengan daya tampung awal sebesar 8.700 mahasiswa, bertambah menjadi 11.117 mahasiswa. Hal ini didasari dengan permintaan masyarakat dan sudah disetujui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Antusias peserta sangat tinggi, baik dari siswa maupun guru aktif dalam menyampaikan pertanyaan. 

Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd. (kiri) bersama Dr. Rizky Firmansyah, S.E., M.S.A. Kasubdit Seleksi Direktorat Pendidikan UM dalam talkshow di acara Open House UM

Acara Open House ini juga dimeriahkan oleh penampilan hiburan dari mahasiswa UKM Musik OPUS serta mahasiswa dari berbagai fakultas, mulai dari pentas seni hingga sosialisasi prestasi yang dimiliki oleh fakultas. Selain itu, secara bersamaan masing-masing fakultas juga membuka booth atau stand pameran yang diisi oleh berbagai macam produk unggulan yang dimiliki setiap fakultas. 

Pewarta: Trisna Marsadi – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM