image_pdf

Malang. Konsumsi sebuah alunan musik dan gerakan dapat memberikan kesan tersendiri bagi penikmat tari, untuk itu Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2016 menggelar Pagelaran Tari PGSD 2019 pada Sabtu (27/04). Kegiatan yang diselenggarakan di  Aula Kampus 2 Universitas Negeri Malang (UM) tersebut dimulai pada pukul 08.00-selesai. kegiatan tersebut diadakan dikarenakan untuk memenuhi Tugas Akhir Semester pada mata kuliah Pembelajaran Tari Sekolah Dasar (SD).

Sedikit berbeda dengan pagelaran tahun sebelumnya, Pagelaran tahun ini tidak hanya melibatkan mahasiswa, namun juga siswa SD, Wali murid dan juga sekolah yang bersangkutan. 21 penampilan secara penuh ditampilkan oleh siswa SD yang telah dilatih oleh mahasiswa PGSD.  

Untuk memenuhi Tugas Akhir dalam bentuk Pagelaran Tari tidak semudah yang dibayangkan. Mahasiswa harus menyesuaikan gerakan tari dengan tema dan jenjang kelas siswa SD yang telah ditentukan. Proses latihan juga cukup menguras pikiran, tenaga dan dana yang tidak sedikit. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan mahasiswa dan siswa dalam proses persiapan menuju hari-H.

Selain untuk memenuhi Tugas Akhir semester, Pagelaran Tari PGSD tersebut bertujuan untuk memberikan peluang untuk berkarya seni dan menampilkan hasil olah belajarnya terhadap karya seni tari pada siswa, membuka wawasan mahasiswa dalam bidang seni tari dan juga memberikan sarana bagi siswa untuk mengapresiasi karya seni tari.

Annas Budi Darmawan selaku Ketua Pelaksana menyampaikan harapannya dari Pagelaran Tari yang diselenggarakan.

“Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, semoga nantinya dapat menghasilkan sebuah karya akan kebudayaan yang sarat akan makna apalagi nanti ketika kita sebagai calon guru sudah terjun dalam dunia pendidikan SD” harapnya.

Pewarta           : Fierda Nursitasari Amaliya – Internship Humas UM