image_pdf
Para Peserta Seminar Sejarah

Malang. Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar seminar yang dilaksanakan di  Aula Ki Hadjar Dewantara Lantai 7, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM. Kegiatan yang berlangsung di Hari Rabu (4/3) dihadiri oleh seluruh mahasiswa jurusan sejarah angkatan 2017 & 2018. Dengan mengangkat tema “Paradigma Baru Perkembangan Materi Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0” ini menghadirkan 2 pemateri yang ahli di dalam bidangnya. Pemateri pertama yaitu Prof. Dr. Warto, M.Hum dari Universitas Sebelas Maret (UNS) ahli kajian sejarah sosial ekonomi. Pemateri kedua yaitu Dr. Ari Sapto, M.Hum dari jurusan sejarah UM ahli kajian sejarah politik dan militer.

Pemateri pertama yaitu Prof. Dr. Warto, M.Hum selaku Guru Besar Kajian Sejarah Sosial-Ekonomi dari UNS menjelaskan tentang Sejarah Sosial dan Ekonomi Sebagai Subtansi Materi Pembelajaran Sejarah.

Penyerahan Cindera Mata oleh Dr I Nyoman Ruja kepada pemateri pertama

Beliau menjelaskan bahwa materi pembelajaran yang ada di SMA perlu dikaji lebih ulang lagi, selain itu itu sejarah sosial dan ekonomi perlu dikembangkan lagi baik dari aspek metodologi maupun pembuktian empirisnya. Selama ini kajian ekonomi hanya berfokus pada ekonomi makro dan perlu diimbangi dengan ekonomi mikro dan lebih beragam.

Lebih lanjut Pak Warto juga menyampaikan bahwa dengan hadirnya sebuah teknologi yang canggih memberikan ruang terbuka bagi peneliti sejarah untuk dapat memanfaatkan sebanyak-banyaknya berbagai sumber sejarah yang dapat diakses secara mudah.

Pemateri kedua, Dr. Ari Sapto M.Hu, selaku Ahli Kajian Sejarah Politik dan Militer UM membawakan materi tentang Pengembangan Materi Sejarah Abad 21.

Sesi Foto Bersama Dosen Jurusan Sejarah dan Pemateri

Pak Ari memaparkan tentang tantangan di Abad 21. Kehidupan di abad ini banyak sekali ketrampilan-ketrampilan yang perlu dikuasai salahsatunya adalah ketrampilan berkomunikasi. Ketrampilan berkomunikasi dalam hal ini tidak hanya tulisan saja namun juga ketrampilan berkomunikasi lisan.

Kegiatan ini disambut oleh Dr. I Nyoman Ruja S.U selaku Wakil Dekan III FIS UM yang memberikan sambutan seminar tersebut. Dalam sambutannya Wakil Dekan III mengatakan bahwa pentingnya materi sejarah yang perlu dikembangkan, serta melalui seminar ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan materi sejarah.

Pewarta : Riki Pratama-Internship Humas UM

Pewarta Foto : Tim Dokumentasi Jurusan Sejarah.