image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd didampingi Dekan FEB UM, Dr. Hadi-SumarsonoS.T.,M.Si meninjau pelaksanaan UTBK SNBT

Suasana Kampus UM (Universitas Negeri Malang) pada Senin (08/05) terlihat lebih ramai dari biasanya. Bukan tanpa alasan, UM tengah menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes 2023 (UTBK-SNBT 2023) hari pertama. Untuk memastikan proses UTBK-SNBT berjalan dengan baik, Rektor UM beserta jajaran pimpinan melakukan visitasi ke ruang pelaksanaan UTBK yang tersebar di berbagai gedung di UM. 

“Tujuan visitasi kali ini tidak hanya sebatas meninjau proses tes yang sedang berlangsung, melainkan juga meninjau lingkungan sekitar lokasi tes. Saya memiliki keyakinan bahwa lokasi yang nyaman juga dapat meningkatkan konsentrasi bagi peserta tes,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Hariyono berharap peserta UTBK mengerjakan soal dengan jujur sehingga berdampak baik pada kualitas input mahasiswa baru di perguruan tinggi nantinya. “Kita ingin peserta UTBK mengerjakan dengan jujur sehingga perguruan tinggi, termasuk UM akan mendapatkan mahasiswa yang berkualitas dan berkarakter baik,” tambahnya. 

Guna mengantisipasi kecurangan, ruang ujian telah dilengkapi CCTV dan pemerikasaan dengan ketat dengan metal detector oleh tim pengawas ujian. “Kami telah melakukan persiapan dengan baik untuk penyelenggaraan UTBK ini. Selain memberikan pembekalan kepada petugas teknis dan pengawas ruang, setiap ruang ujian didukung pengawasan CCTV, dan pemeriksaan menggunakan metal detector oleh tim pemgawas ujian,” ungkap Rektor UM. 

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Seleksi, Direktorat Pendidikan UM, Dr. Rizky Firmansyah, S.E., M.S.A. menjelaskan jumlah peserta ujian  UTBK-SNBT di UM tahun 2023. 

“Peserta yang melakukan UTBK-SNBT 2023 di UM sebanyak 12.556 dengan jumlah keseluruhan pendaftar yang memilih program studi di UM sebanyak 29.339 orang. UTBK-SNBT diselenggarakan dalam 2 sesi dengan 1.087 komputer setiap sesi yang terbagi dalam 55 ruangan dengan 475 pengawas secara keseluruhan,” jelasnya. 

Salah satu peserta UTBK, Hafiz Rian Ibra menyampaikan rasa senangnya saat melaksanakan UTBK di UM. “Fasilitas yang ada di UM sangat nyaman untuk digunakan sebagai lokasi tes yang sangat membutuhkan konsentrasi, sehingga saya tidak salah memilih UM sebagai lokasi UTBK,” ungkap peserta asal Tulungagung tersebut.  

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM