image_pdf

Malang. Di masa pandemi Covid seperti ini, kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi setiap instansi kesehatan sangat dibutuhkan. Menanggapi hal tesebut, Universitas Negeri Malang (UM) telah menggalang donasi dan menyalurkan APD kepada pihak pihak kesehatan  yang membutuhkan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk  kepedulian UM terhadap petugas kesehatan yang tengah berjuang menjadi garda terdepan dalam penanganan Corona Virus (Covid)-19.

Bantuan APD yang diberikan diantaranya berupa hazmat, face shield, masker medis dan masker non medis. Total jumlah masing-masing tersebut adalah 310 hazmat, 310 face shield, 30 masker medis, dan 600 masker non medis. Penyaluran APD tersebut dilakukan selama dua hari oleh petugas yang ditentukan dan jasa pengiriman kurir (untuk instansi yang berada di luar Malang).

“Kami menyambut baik dan mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari UM berupa APD lengkap. Meskipun kami bukan RS rujukan, tetapi justru kebanyakan pasien-pasien yang dirujuk berasal dari kami. Sehingga, kamilah yang bersentuhan pertama kali dengan pasien. Selama ini kita memang berusaha mencari APD, tetapi memang sulit apalagi diutamakan penyaluran APD itu ke RS rujukan, dan ditambah pula dengan dana yang terbatas serta akses yang mungkin sulit. Sehingga bantuan dari UM ini sangat berarti bagi kami,” ujar dr. Fatin Furaidah selaku Wakil Pimpinan Klinik Rawat Inap Muslimat Sngosari setelah menerima APD dari UM pada Rabu (29/04).

Selain Klinik Rawat Inap Muslimat Singosari, terdapat lima instansi lainnya yang menerima bantuan APD dari UM, diantaranya adalah Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen, Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Jombang, Rumah Sakit Fatma Medika Gresik, Rumah Sakit Universitas Islam Malang, dan Rumah Sakit Ben Mari Kendalpayak.

“Kami sangat mengapesiasi sekali ya untuk bantuan APD, mengingat memang kami menerima pasien PDP beberpa, kami memang sangat membutuhkan untuk APD di rumah sakit kami, saya atas nama RS mengucapkan terimakasi banyak atas bantuan yang diberikan,” tutur Aulia Susana, S.E. selaku Humas Pemasaran di Rumah Sakit Universitas Islam Malang.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Humas UM