image_pdf
Penandatanganan Memorandum of Agreement dengan Fakultas Ekonomi UM

Malang. PT pegadaian hadir ditengah-tengah mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar seminar peningkatan literasi dan inklusi keuangan di sektor jasa keuangan bagi masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan atas creative center dengan BUMN, inklusi keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ayo menabung emas dan pegadaian. Kegiatan literasi emas millenial PT Pegadaian (Persero) Area Malang ini berlangsung di Aula D4 FE UM pada Selasa, (5/11).

Mahasiswa FE yang kerap berhubungan dengan finance sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Kegiatan seminar creative center dan pegadaian ini memberikan kemudahan bagi 100 peserta pertama yaitu dibukakan buku tabungan emas dari pegadaian dengan top up sebesar seratus ribu sementara peserta 100-200 akan mendapatkan buku tabungan emas saja. Tabungan emas pegadaian memberikan layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas.

Penyerahan Cindera mata

Rangkaian acara seminar ini dimulai dengan registrasi peserta, pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Dr. Ludiwishnu Wardana S.T.,S.Pd., S.E.,M.M. selaku Direktur Creative Center FE UM dan Dr.Agus Hermawan M.Si.Grad Dip MGT., M. Bus. selaku Wakil Dekan I FE UM dilanjutkan dengan penandatanganan memorandum of agreement, penyerahan  cindera mata dan materi literasi emas millenial yang disampaikan oleh Ramelan Purnomosidi.

Dalam sambutannya, Ludiwishnu menyampaikan harapannya agar mahasiswa rajin menabung, “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara BUMN dengan creative center yang merupakan badan yang menampung kreativitas mahasiswa. BUMN hadir untuk memberikan wawasan terkait peningkatan literasi dan inklusi keuangan di sektor jasa keuangan bagi masyarakat. Harapan saya semoga setelah mengikuti acara ini adik-adik lebih rajin untuk menabung yang nantinya jika suatu saat membutuhkan tidak mengalami penurunan harga emas. Nabunnya pakai uang tapi nanti perhitungannya pakai emas.” tuturnya.

Sambutan Dr.Agus Hermawan M.Si.Grad Dip MGT., M. Bus. Wakil Dekan 1 FE UM

Lanjutnya WD I FE menjelaskan bahwa fakultas ekonomi erat hubungannya dengan finance, sehingga perlu pengetahuan tentang inklusi keuangan.

“Literasi memerlukan pendidikan, pengetahuan juga keterampilan dalam memahami jasa keuangan. Tidak banyak dari kita mengenal kiprah pegadaian. Oleh karena itu mahasiswa FE perlu mengetahui terkait inklusi keuangan. Lebih lagi FE bersangkutan dengan finance jadi berkaitan dengan pegadaian yang merupakan bisnis BUMN yang sekarang ini pesaingannya luar biasa.” ungkapnya.

Materi Literasi Emas Millenial Bapak Ramelan Purnomosidi

Dari seminar ini panitia menyediakan kopi dingin dan panas, hal tersebut menarik perhatian mahasiswa yang hadir untuk mencicipi, sehingga terlihat antrian panjang saat kegiatan berlangsung di area barista kopi. Acara tetap berjalan dengan lancar dan ditutup dengan pemberian doorprize.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM