image_pdf

Malang. Mempelajari bahasa dan budaya Indonesia adalah salah satu tujuan dari UM iCamp 2019 yang ditawarkan kepada siswa internasional dari seluruh dunia. Para peserta ingin belajar tentang Indonesia melalui program ini. Salah satu agenda pada 16 Agustus 2019 adalah Tentang Indonesia sebagai kuliah pertama. Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang Indonesia kepada para peserta. Orang yang memberi wawasan peserta tentang Indonesia adalah Meidinar, salah satu LO (Liaison Officer) dari program ini.

Mulai pukul 10.00 WIB di ruang pertemuan Kantor Urusan Internasional Universitas Negeri Malang (OIA UM), para peserta belajar tentang beberapa fakta di Indonesia: mengetahui populasi Indonesia (Jawa adalah etnis terbesar di Indonesia), mengetahui Kalimantan adalah pulau terbesar kedua di dunia, mengenal makna simbol nasional Indonesia (Garuda), beberapa makanan populer (bakso, angsle, sempol, soto, rendang), Bahasa Malangan (Walikan), salam dalam Bahasa Indonesia, dan Tari Dangdut.

Sambil belajar tentang Indonesia, ada juga beberapa permainan yang dimainkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang Indonesia. Mereka dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 15 orang. Game pertama adalah menata ulang gambar pulau-pulau Indonesia di peta. Para peserta akan memahami peta Indonesia. Game kedua adalah menebak beberapa fakta tentang Indonesia. Mereka diminta menebak ibu kota Bali, jumlah orang yang tinggal di pulau Jawa, nama bahasa lokal di Malang, jumlah bahasa lokal di Papua, dan menebak nama beberapa makanan Indonesia. Game terakhir adalah Dangdut Dance Challenge. Satu sukarelawan dari setiap kelompok perlu menari dengan musik dangdut untuk mendapatkan beberapa poin tambahan untuk memenangkan seluruh permainan.

Mengetahui beberapa fakta tentang Indonesia akan menambah pengetahuan mereka tentang Indonesia. Bersama dalam belajar tentang Indonesia melalui beberapa permainan dan diskusi, ini akan mengarahkan para peserta untuk berinteraksi satu sama lain. Mereka ada di sini di UM iCamp 2019 untuk bertemu orang baru dan budaya baru. Mereka akan mendapatkan lebih banyak pengalaman dan perspektif global dengan pikiran yang  terbuka lebar.

Pewarta: LO Publikasi UM iCamp 2019

Berita Terkait: http://oia.um.ac.id/?p=1147