image_pdf

Malang. Sebagai salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, tim dosen Jurusan Sastra Indonesia (JSI) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan pelatihan pembuatan konten kreatif di media sosial. Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (20/06) di Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang tersebut bertempat di Gedung Nasionalis dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bagi kalangan generasi muda, salah satu sarana komunikasi dan bersosialisasi yang banyak dimiliki adalah media sosial. Terlebih, di zaman serba digital seperti sekarang ini, media sosial seolah menjadi ‘hal wajib’ yang perlu dimiliki oleh masyarakat, terutama generasi muda. Hal inilah yang menjadi alasan tim pengabdian masyarakat untuk menjadikan para pemuda sebagai sasaran utama. Pelatihan dan pendampingan pembuatan konten kreatif media sosial tersebut diikuti sekitar 20 pemuda desa tersebut.

Dr. Karkono , S.S., M.A., ketua pengabdian dan sekaligus pemateri, menyampaikan materi terkait cara-cara membuat konten kreatif. Ia memaparkan bahwa ada banyak hal-hal sederhana di sekitar yang bisa dimanfaatkan menjadi sajian konten yang menarik dan informatif.

Sementara itu, Moh. Safii, S. Kom., M. Hum., salah satu dosen JSI yang juga menjadi pemateri dalam kegiatan ini memaparkan materi terkait pemanfaatan media sosial terlebih jika bisa menghasilkan keuntungan finansial. “Jadi materi saya seputar bagaimana agar youtube bisa berkembang, baik dari segi konten maupun jumlah subscriber, yang pada akhirnya bisa mendatangkan nilai tambah bagi pemuda. Bahasan detailnya adalah seputar algoritma, monetisasi, dan lain-lain,” ungkapnya.

Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan karena selain pemaparan materi, peserta juga diajak praktik langsung membuat konten yang kreatif melalui gawai yang dimiliki. Tessa Septiadi selaku koordiantor pemuda mengatakan bahwa ia dan teman-temannya mendapatkan banyak ilmu baru melalui pelatihan ini. “Kami senang sebab mendapat ilmu dari para dosen Fakultas Sastra UM dalam hal membuat konten dan mengelola media sosial. Ilmu ini sangat bermanfaat agar para pemuda dapat lebih bijak dan kreatif dalam mengelola media sosial,” ujarnya.

Pewarta  : Arya Wahyu Pratama — Internship Humas UM