image_pdf
Direktur Hubungan Internasional (HI) UM, Evi Eliyanah, S.S., M.A.
memberikan sambutan pembuka

Malang. Kantor Hubungan Internasional Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan Pelatihan Jurnalistik untuk Sosial Media dan Public Speaking. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Savana Convention ini dihadiri langsung oleh Direktur Hubungan Internasional (HI) UM, Evi Eliyanah, S.S., M.A.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini merupakan bentuk mengoptimalkan sosial media dan website supaya berita yang disajikan menarik dan mengundang banyak pembaca. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (11/7) ini dihadiri oleh Staff HI UM, pengembang HI UM, dan Internship HI. Pelatihan ini akan menjadi nilai tambah bagi Internship HI selaku mahasiswa aktif yang tentunya sudah terlatih untuk membuat tulisan di media sosial maupun handal dalam public speaking melalui kegiatan ini. Sehingga Internship HI akan mudah beradaptasi di dunia kerja walaupun masih berstatus fresh graduate.

Foto bersama Tim HI

Evi Eliyanah, S.S., M.A. menjelaskan bahwa penulisan dalam dunia jurnalistik yang dipelajari tidak seperti menulis berita di Tempo maupun Kompas. Karakter menulis pada dua media besar tersebut notabenenya membutuhkan 1000 kata atau lebih dengan berbagai pengantar lainnya. “Namun pada kegiatan ini kita dilatih bagaimana menulis dan mengemas berita to the point ke pokok permasalahannya”, imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Pemimpin Redaksi Kapanlagi.com Ellyana Mayasari yang juga alumni Jurusan Sastra Inggris FS UM selaku pemateri mengenai Kejurnalistikan untuk Sosial Media menjelaskan cara menulis berita kurang dari 500 kata. Penulisan berita dengan karakter seperti itu sudah mewakili apa yang disampaikan dengan padat dan jelas.

Foto bersama peserta pelatihan bersama pemateri

Pelatihan ini juga akan membawa audiens untuk melatih berkomunikai melalui kata-kata baik tertulis maupun oral. Dalam kesempatan yang sama, kegiatan ini juga menghadirkan pelatihan public speaking yang akan disampaikan oleh pemateri yang sudah expert dibidangnya yakni Hasyim Ashari dan Bigie Noviandi dari Malang Public Speaking School.

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM