image_pdf
Kasubag Humas UM selaku peserta pelatihan menunjukkan bros hasil karyanya

Malang. Salah satu agenda bulanan dharma wanita sub unit kantor pusat Universitas Negeri Malang (UM) adalah pertemuan rutin. Pertemuan rutin itu tidak hanya berupa rapat bersama membahas agenda-agenda penting lainnya tetapi juga berupa pelatihan yang menguntungkan bagi anggotanya. Bulan ini pertemuan rutin dibarengi dengan pelatihan pembuatan aksesoris hijab, mengingat sebagian besar dari anggotanya memang memakai hijab.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di ruang sidang senat, gedung Graha Rektorat setelah rapat bersama pada jam istirahat, Jumat (27/09). Terdapat 25 anggota yang turut menghadiri pelatihan tersebut dengan satu pelatih yang dibantu 5 mahasiswa Prodi Tata Busana. Ibu Heri Suwignyo, Istri Wakil Rektor II UM sebagai ketua Dharma wanita sub unit kantor pusat mengharapkan semoga kegiatan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi seluruh anggota dharma wanita.

Pemateri mempraktekkan langsung cara membuat bros

“Mari kita manfaatkan waktu hari ini sebaik-baiknya untuk mengikuti pelatihan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga bisa diterapkan di keseharian masing-masing,” ujarnya.

Siti Zahro, S.Pd., M.Pd., Ph.D., selaku pelatih yang merupakan dosen Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik menjelaskan tahapan-tahapan pembuatan assessoris hijab tersebut. Ia sudah menyediakan puluhan kantong plastik kecil berisi manik-manik dan bahan lain serta alat-alat yang dibutuhkan.  Masing-masing anggota pun mendapatkan satu paket bahan-bahannya, sedang alatnya dipakai bersama bergantian.

Para peserta pelatihan berfoto bersama

“Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kain flanel berwarna putih tulang, benang, senar, manik-manik 6 mili, mutiara, dan manik-manik Swarovski. Ibu-ibu boleh memilih warna yang disukai, karena disini sudah disediakan berbagai warna yang berbeda-beda,” terangnya.

Dalam pengerjaannya, Ibu-Ibu dharma wanita tersebut dibantu oleh lima mahasiswi. Sehingga aksesoris yang dibuat bisa diselesaikan meski hanya dikerjakan dalam rentang waktu satu jam saja.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM