image_pdf

Malang. Hubungan Internatonal (HI) Universitas Negeri Malang (UM) bersama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UM memberangkatkan 4 mahasiswa dari Fakultas yang berbeda untuk mengikuti program SEA Teacher Project. Negara tujuan bagi keempat mahasiswa tersebut adalah Thailand dan Philiphina. Pelepasan mahasiswa untuk program tersebut dilaksanakan pada Jumat (02/08) di Graha Rektorat UM.

Evi Eliyanah, S.S., M.A., Ph.D., selaku direktur HI UM menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk KPL (Kajian dan Praktik Lapangan) luar negeri yang telah diprogramkan UM sebelumnya. SEA Teaching Project atau biasa disebut dengan Pre-Service Student Teacher Exchange in Southest Asia ini akan berlangsung selama 30 hari. Mahasiswa-mahasiswa yang telah terpilih diharapkan melaksanakan tugas dan kewajiban dengan baik. Selain itu, Ia juga menyarankan untuk membangun network sebaik mungkin, menjaga kesehatan dan beradaptasi dengan baik.

“Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran siswa di Indonesia pastinya akan berbeda dengan di Thailand dan Philiphina. Diharapkan perbedaan ini akan memberikan tambahan wawasan, sehingga kalian bisa berkembang dan mencetuskan inovasi pembelajaran yang lebih bagus dari saat ini,” pesannya.

Mahasiswa yang dikirim ke dua negara tersebut diantaranya adalah :

  1. Salma Al Mardhiyah, prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Nurhadi Muchlisin, prodi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  3. Angela Cindy Aurelia, prodi S1 PGPAUD
  4. Faradisa Rizkinara, prodi S1 Pendidikan Ekonomi

Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D., selaku ketua LP3 UM mengingatkan mengenai kewajiban yang harus dipenuhi, diantaranya adalah menuntaskan laporan berupa blog yang diminta pihak Southest Asian Ministres of Education Organization (SEAMEO) selaku pelaksana project ini. Kemudian mahasiswa juga diminta untuk membuat laporan mengenai kegiatannya dan beberapa hal lainnya untuk dikumpulkan kepada LP3  UM.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya  – Internship Humas UM