image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) menggelar acara pelepasan peserta pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara- Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (Program PERMATA- SAKTI) Tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung pada Hari Jumat (23/8) dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat, Lantai 8 UM dimulai pukul 09.00-10.00 WIB. Dalam pelepasan pertukaran mahasiswa tersebut, turut serta hadir Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si serta Wakil Rektor III Dr. Mu’arifin, M.Pd.

Pelepasan peserta program PERMATA-SAKTI tahun 2019 ini akan mengirimkan pertukaran mahasiswa ke beberapa universitas yang ada di Indonesia. Mulai dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Negeri Padang (UNP), dan Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA).

Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si menyampaikan perihal mengenai pertukaran mahasiswa ini.

“Kita sudah memiliki pengalaman yang panjang mengenai pertukaran PERMATA-SAKTI ini sehingga diharapkan semua berjalan lancer dan tidak ada suatu kendala, selain itu juga yang paing penting saudara jangan lupa mengambil matakuliah dan memprogram KRS di sini. Di universitas yang nanti akan saudara tempati juga mengambil matakuliah yang sama disini, mungkin matakuliahnya beda nama, namun pokok pembahasannya sama”

Lebih lanjut lagi Pak Budi menjelaskan bahwa nanti setelah sampai di universitas langsung kordinasi dengan kaprodi atau kajurnya untuk mempermudah jika ada segala sesuatunya, serta yang penting adalah menjaga nama baik UM di universitas saudara melakukan pertukaran pelajar.

Selain itu, Wakil Rektor III Dr. Mu’arifin, M.Pd menambahkan sedikit untuk mahasiswa saat di universitas nanti.

“Pada satu sisi mahasiswa UM yang melakukan pertukaran mahasiswa harus bisa menunjukkan kelebihan prodi di universitas nanti, dan dapat menggali sesuau yang baik dari beberapa aspek yang mungkin nanti bisa diterapkan di UM ini, pandai-pandailah untuk membawa diri, berinteraksi agar citra UM tetap terjaga dan mendapatlan sesuatu yang baik dari universitas adik pertukaran dan di bawa ke UM nantinya”

Pewarta : Riki Pratama-Internship Humas UM