image_pdf

Malang. Rektor Universitas Negeri Malang (UM) melepas kontingen UM untuk berlaga di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 di Universitas Sumatera Utara (USU) secara daring. Pelepasan ini dilaksanakan pada Senin (25/10/2021) di Gedung Pascasarjana UM yang dihadiri oleh Wakil Rektor III UM Dr. Mu’arifin, M. Pd. Beserta jajaran, para dosen pembimbing PKM, dan seluruh kontingen UM di PIMNAS 34.

Pada tahun 2021, UM berada pada posisi ke-5 lolos ke PIMNAS dengan jumlah delegasi sebanyak 30 tim. Jumlah tersebut menjadi peluang yang besar bagi UM untuk mendapatkan juara umum di PIMNAS ke-34. 

Dalam sambutannya, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. selaku Rektor UM menyampaikan bahwa mental juara harus tertanam kuat dalam setiap jiwa mahasiswa bahwan warga UM. “Mental juara harus tertanam kuat dalam menjalankan kehidupan walaupun dengan bidang yang berbeda-beda. Pasalnya motivasi tersebut menjadi sesuatu yang sangat berarti dan bermanfaat untuk masa depan” imbuhnya. 

Prof. Rofi’uddin juga menyampaikan bahwa setiap bidang atau profesi yang dipilih sudah dihadapkan dengan proses kompetisi sehingga dibutuhkan adanya kecerdasan, sikap dan kemampuan membaca peluang. Dalam mencapai hal tersebut maka diperlukannya pengembangan diri, pasalnya usaha akan berbanding lurus dengan hasil yang diperoleh. “Saya yakin bahwa 30 tim UM sudah mempersiapkan berbagai upaya yang bermanfaat bagi dirinya sendiri. Berjuanglah 4 hari ke depan dengan usaha terbaik dengan strategi yang mantap”, jelas Prof. Rofi’uddin dalam pembukaannya. 

Dr. Heny Kusdianti, S.Pd., MM selaku ketua tim penalaran UM mengungkapkan bahwa kontingen UM yang terdiri dari 30 tim sudah siap berlaga di PIMNAS ke-34 dalam kondisi sehat dan memenuhi standar vaksin. Dr. Heny menjelaskan bahwa pola pembinaan yang telah dilakukan terdiri dari 2 kriteria yakni pembinaan tingkat fakultas yang dikomandani Wakil Dekan III dan tingkat universitas yang dikomandani oleh Wakil Rektor III. “Sulitnya keadaan pandemi tidak mematahkan semangat kontingen UM, hal ini terbukti dari 127 tim yang didanai. UM mendapatkan peringkat ke-5 dengan 30 tim yang lolos PIMNAS”, jelasnya. Dr. Heny juga mengungkapkan bahwa UM berpeluang besar menuju juara umum dengan potensial yang sudah dikagumi reviewer nasional. 

Pewarta: Siti Nuradilla – Internship Humas UM