image_pdf
Sambutan Direktur Beasiswa LPDP

Malang. Peluncuran program pertukaran mahasiswa merdeka dilaksanakan pada hari senin, 12 April 2021 pukul 13.00 WIB melalui Zoom meeting dan streaming Youtube Kemendikbud RI. Acara ini dihadiri oleh berbagai instansi kementerian / lembaga, LLDikti, perguruan tinggi, dan media massa.

Sambutan pertama diberikan oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud. Beliau menuturkan bahwa pertukaran mahasiswa merdeka merupakan salah satu program Kemendikbud yang berupaya membangun pemahaman mahasiswa lebih dalam mengenai nusantara. Sebab, pertukaran mahasiswa merdeka merupakan pertukaran mahasiswa antar pulau yang berlangsung selama satu semester.

Sambutan Direktur Jenderal Dikti Kemendikbud

Pendaftaran perguruan tinggi dan dosen pertukaran mahasiswa merdeka akan di mulai pada bulan April ini. Sedangkan pendaftaran untuk mahasiswa akan dilaksanakan pada bulan Juli 2021 dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. “Siklus ini akan berulang di tahun-tahun berikutnya. Rajin-rajinlah membuka website Kemendikbud untuk informasi lebih lanjut” ujar Direktur Jenderal Dikti, Prof.Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D.

Dilanjutkan oleh sambutan kedua oleh Direktur Beasiswa LPDP, Ir. Dwi Larso MSIE, Ph.D. Pertukaran mahasiswa merdeka merupakan hasil kolaborasi Kemendikbud dan LPDP. Menurut beliau, banyak perubahan yang tidak bisa kita prediksi dalam dunia yang penuh dengan tantangan ini. Ir. Dwi Larso MSIE, PH.D. berkata “LPDP mengalami perubahan dan akan terus berubah. Di 2021 LPPD akan mendukung kemendikbud dalam kampus merdeka. Mari kita sukseskan!”

Peluncuran Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021

Beralih ke acara inti, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim B.A, M.B.A. meresmikan peluncuran program pertukaran mahasiswa merdeka 2021. Beliau berulang kali berpesan kepada bapak/ibu dosen perguruan tinggi untuk mendorong mahasiswanya agar mengikuti sejumlah aktivitas pertukaran mahasiswa. “Mari bersama membangun penerus bangsa yang cerdas, serta menumbuhkan rasa kecintaan dan kepedulian untuk melestarikan keberagaman kebudayaan melalui program pertukaran mahasiswa merdeka” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim B.A, M.B.A.

Pewarta : Risa Ramadania – Internship Humas UM