image_pdf

Malang- Universitas Negeri Malang (UM) melakukan pemantapan pemahaman tri dharma perguruan tinggi. Materi tersebut disampaikan oleh Dr. Markus Diantoro, M.Si. sebagai salah satu pemateri yang mengisi pada acara Diklat Prajabatan Dosen Tetap Non-PNS UM (28/03). Kegiatan yang dilaksanakan di gedung H8 lantai 2 ini berjalan kurang lebih selama 3 jam. Sejumlah 29 dosen muda UM berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Acara ini bertujuan untuk memantapkan pemahaman tri dharma perguruan tinggi terhadap para dosen muda UM dan dapat mengaplikasikannya sesuai dengan jabatan yang diemban. Tiga komponen tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung kondusif dengan metode penyampaian materi secara berdiskusi antar kelompok dan setiap individu menyampaikan pendapatnya dan gagasannya. Kelompok belajar yang dibentuk pada kegiatan tersebut sebanyak 6 kelompok yang terdiri dari kelompok A-F yang beranggotakan 4 sampai 5 orang dosen muda UM. Pada kegiatan tersebut setiap kelompok berdiskusi membahas permasalahan mengenai tri dharma perguruan tinggi dan pemaksimalan jabatan yang diemban. Tiga topik permasalahan yang dibahas bersama ialah, jika memiliki jabatan akademik asisten ahli dengan kualifikasi pendidikan doktor, bagaimana kewenangan anda dalam bidang pembelajaran dan pembimbing tugas akhir mahasiswa. Kemudian permasalahan kedua ialah dengan jabatan akademik lektor dengan kualifikasi pendidikan magister dan hendak mengajukan penelitian dengan pendanaan DRPM, skim penelitian apa yang dapat diajukan. Permasalahan terakhir ialah kewenangan apa yang dapat dilakuakn dosen muda UM dengan jabatannya saat ini dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Uraian mengenai ketiga permasalahan tersebut dibahas bersama dengan cara bertukar pendapat antar anggota. Salah satu anggota pada kegiatan tersebut menyampaikan pemikirannya mengenai permasalahan pada topik terakhir. Menurut Rista Ayu Mawarti salah satu dosen muda UM dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS) menyampaikan “Peran kami dalam pengajaran ialah mengajar minimal 12 sks, menjadi pemateri di seminar nasional dan kuliah tamu. Sedangkan untuk penelitian peran kami ialah menjadi ketua peneliti (PNBP, BLU)”, ujarnya.

Selain itu, Bakhrul Rizky Kurniawan salah satu dosen muda UM juga menambahkan “Pengabdian yang dapat kami konstribusikan ialah memberikan pelatihan siswa dan MGMP, mengajukan pengabdian di LP3, dan sosialisasi desa binaan”, tuturnya.

Pewarta: Salsabila Indana-Internship Humas UM