image_pdf
Para Peserta Lokakarya

Malang. Ratusan peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan tahap IV dan Kemenag PPG Universitas Negeri Malang (UM) mendapatkan pembekalan mengenai instruktur Lokakarya pada Kamis (05/09) di Aula gedung P1 PPG pascarasarjana UM. Pembekalan yang dihadiri dan dibuka oleh Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., tersebut berlangsung dari pukul 15.00 – 16.30 WIB.

Lokakarya merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh peserta PPG Daljab UM tepat setelah melaksanakan Orientasi awal. Sebelumnya, peserta sudah melakukan registrasi dan pendalaman materi secara daring. Setelah Lokakarya, peserta harus menempuh PPL dan Uji Kompetensi agar dapat menyelesaikan Program PPG tersebut dengan baik.  Lokakarya dalam PPG ini mendapatkan jatah 5 sks dengan pembagian sebagai berikut : 1 sks untuk Lokakarya Reviu dan diskusi hasil pendalaman materi melalui pembelajaran daring, 3 sks untuk Lokakarya Reviu dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan peer-Teaching, dan 1 sks untuk Lokakarya Penyusunan Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Peserta PPG Daljab ini berjumlah 662 orang dari 17 jurusan yang berbeda diantaranya adalah Bahasa Jerman (29 orang), Bahasa Arab (32 orang), Sejarah Indonesia (51 orang), Geografi (31 orang), Ekonomi (25 orang), Sosiologi (29 orang), Seni Budaya (26 orang), Teknik Otomotif  (59 orang), Teknik Komputer dan Informatika (75 orang), Tata Busana (27 orang), Bisnis dan Pemasaran (83 orang), Ekonomi KEMENAG (31 orang), IPA Kemenag (30 orang), PJK Kemenag (25 orang), dan TIK Kemenag (30 orang).

Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. berharap agar angka kelulusan peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab tahap IV ini dapat meningkat dibandingkan dengan tahap III kemarin. “Tahap III kemarin, jumlah angka kelulusannya sebesar 62%, tentu saya berharap di tahap IV ini bisa meningkat, lebih dari 62%,” ujarnya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM