image_pdf
Kepala PSWKKN Dr. Agung Winarno, MM. saat menyampaikan pengantar pembekalan

Malang. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM) laksanakan pembekalan KKN semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pembekalan yang diikuti oleh 117 mahasiswa ini dibuka oleh Ketua LP2M  Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si di Aula Graha Rektorat Lantai 9 pada Selasa, (3/3).

Prof. Markus menjelaskan bahwa KKN yang digalakkan UM merupakan bentuk kerjasama dengan wilayah perbatasan sebagai upaya membangun negara Indonesia yang bersinergis dan berintegritas. “KKN UM merupakan bentuk kerja sama dengan wilayah perbatasan dan upaya brantas tuntas kemunduran untuk Indonesia yang bersinergis dan berintegritas.” tuturnya.

Peserta KKN

Pembekalan kali ini diisi dengan materi kebijakan dan hakekat KKN (Dr. Agung Winarno, MM.), karakteristik program kerja KKN (Yuli Agustina, S.E., M.M.), administrasi KKN (Buyung Adi Dharma, S. AP., M.AP.), penulisan hasil karya pengabdian (Nailul Insasni, S.Pd., M.Sc.) serta pengenalan lokasi dan persiapan pelaksanaan (DPL masing-masing desa).

Peserta pembekalan KKN

KKN UM merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang mencakup kegiatan bermakna dan berkesinambungan, berjiwa patriotisme dan nasionalisme. Adapun tujuan untuk mahasiswa yaitu memberikan pengalaman dalam mengatasi problematika di desa dan memberikan solusi kepada masyarakat itu sendiri. KKN yang dikorelasikan dengan empat sks wajib diikuti oleh mahasiswa meliputi pemantapan program di kampus dan selama enam minggu program kehidupan di lapangan.

Ketua LP2M  Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si menyampaikan pesan-pesan selama KKN

KKN UM dikategorikan menjadi KKN Regular, KKN Tematik, KKN Integrasi, KKN Mandiri dan KKN Pulang Kampung. Saat ini UM juga mengembangkan dua model pelaksanaan KKN yaitu KKN blok dan KKN Sinambung. KKN blok meliputi pengabdian yang dilakukan secara menetap di desa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sedangkan KKN Sinambung dilakukan pada hari jumat, sabtu dan minggu sehingga diluar jam tersebut mahasiswa bia mengerjakan aktivitas di kampus. Tentunya hal ini menjadi hal yang menarik bagi perguruan tinggi lain mengenai manajemen LP2M terkait dua model pelaksanaan KKN.

UM selalu membuat artikel pengabdian yang dimuat di dua jurnal pengabdian sehingga UM menjadi rujukan perguruan tinggi lain dalam pengabdian kepada masyarakat. Kepala PSWKKN Dr. Agung Winarno, MM. berpesan kepada mahasiswa agar selalu menjaga kesehatan dan keselamatan baik dalam keberangkatan maupun ketika berada di desa binaan.

Pewarta           : Siti Nuradilla – Internship Humas UM

Pewarta Foto : Humas UM