image_pdf

Yogyakarta. Mahasiswa Kayong Utara, Kalimantan Barat Bersama dengan Subbag Kerjasama Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan kegiatan “Pembentukan Karakter & Pembelajaran Seni Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat sampai Minggu (4-6/4) ditujukan untuk lebih memperkaya khasanah pengetahuan mengenai berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia. Peserta yang mencapai 30 mahasiswa dan dosen pendamping ini sangat antusias terhadap hasil kebudayaan yang ada di Kota Yogyakarta.

Perjalanan yang dimulai dari titik nol Kota Yogyakarta, tepatnya di Tugu Yogyakata. Dilanjutkan dengan perjalanan menuju dua kampus terkemuka di Indonesia yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Berlanjut dengan wisata sejarah di Keraton Yogyakarta untuk lebih mengenal kebudayaan dan peninggalan dari Sultan Yogyakarta. Berkeliling dengan jalan kaki dengan ditemani suara abdi dalem Keraton yang menyenandungkan Tembang Macapat yang rutin diadakan setiap hari Jumat.

Setelah puas belajar dari Keraton Yogyakarta Hadiningrat, kegiatan dilanjutkan menuju Candi Borobudur di Kab Magelang. Meskipun sedikit keluar kota namun kegiatan ini sesuai dengan tujuan awal yaitu study budaya. Mahasiswa yang kebanyakan baru pertama kali menuju pulau Jawa ini sangat terpukau dengan mahakarya leluhur bangsa Indonesia ini. Mereka tidak menyianyiakan momen langka ini dengan belajar sekaligus berswafoto bersama, untuk mengabadikannya untuk diceritakan pada sanak saudara.

Anita jurusan fisika, prodi Pendidikan fisika. Salah satu Mahasiswa asal Kayong Utara menjelaskan pengalamannya selama study budaya di Kota Yogyakarta.

“Selama mengikuti study budaya kami berkunjung ke beberapa destinasi budaya daerah Yogyakarta. Pada hari pertama, kami berkunjung ke Keraton Yogyakarta Hadiningrat, Candi Borobudur dan menyaksikan wayang orang di pelataran Candi Prambanan. Disini kami dikenalkan bagaimana kehidupan di Keraton, budaya Keraton serta kami diperkenalkan dengan kebiasaan yang dilakukan masyarakat yang ada di Keraton. Bahagianya bisa melihat kehidupan abdi dalem yang ada dalam Keraton ini,” ujarnya.

Acara diakhiri dengan menonton pertunjukan Ballet Purawisata di pelataran Candi Prambanan untuk memperlihatkan betapa kayanya seni dan kebudayaan di bumi Indonesia ini.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini kami bisa mengetahui bagaimana kegiatan, dan kebiasaan masyarakat Yogyakarta. Bahagia sekali karena banyak ilmu serta pengalaman yang dapatkan diaplikasikan nanti di daerah kami,” ujarnya.

Pewarta           : Nuri Riskian – Internship Humas UM