image_pdf

Malang. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan pelatihan Applied Approach (AA) bagi dosen UM pada Rabu (14/08) hingga Jumat (16/08) mendatang. Pelatihan yang dilaksanakan di gedung H8 LP3 UM tersebut diikuti oleh 60 peserta dengan 12 narasumber.

Dr. Lia Yuliati, M.Pd selaku Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pendidikan menjelaskan bahwa Pelatihan AA merupakan kelanjutan dari Pelatihan Pekerti tahun 2018, sehingga seluruh peserta merupakan dosen yang telah mengikuti Pelatihan Pekerti sebelumnya. Ia juga menambahkan bahwa pelatihan ini dilaksanakan menggunakan sipejar.

Applied Approach ini merupakan pelatihan wajib bagi dosen UM yang akan mengajukan sertifikasi dosen maupun pengajuan kenaikan tingkat. Jadi dua sertifikat yang dibutuhkan untuk beberapa urusan tadi adalah sertifikat Pelatihan Pekerti dan Pelatihan AA,” ujarnya.

Selama tiga hari kedepan, peserta akan mengikuti kegiatan tatap muka dengan 7 materi diantaranya adalah (1) Paradigma Pembelajaran di Perguruan Tinggi, (2) Kurikulum dan Pengembangan Desain Pembelajaran, (3) Total Quality Management, (4) Pengembangan Bahan Ajar dalam Bended Learning, (5) Pengembangan Media Pembelajaran, (6) Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran, dan (7) Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Selanjutnya para peserta akan mendapatkan kegiatan pendampingan berupa penugasan dengan 3 kali progress report yang akan dilaksanakan selama 4 bulan kedepan yakni dari Agustus hingga November 2019. Penugasan bagi dosen UM berupa Penyusunan RPS dan SAP 1 mata kuliah yang diampu di semester gasal 2019/2020 dan Penyusunan Bahan Ajar sesuai RPS.

Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D selaku ketua LP3 UM mewakili Rektor UM membuka secara resmi pelatihan AA tersebut. Ia mengingatkan kepada peserta bahwa seluruh peserta harus mengikuti rangkaian kegiatan AA dari awal hingga akhir. Ketidakhadiran peserta hanya akan ditoleransi selama 3×50 menit, lebih dari itu maka peserta tidak diperkenankan mengambil sertifikat.

“Seluruh peserta telah dibebaskan dari pengajaran oleh fakultas selama pelatihan berlangsung. Mohon diikuti seluruh rangkain kegiatannya, semoga pelatihan ini bisa berjalan dengan baik,” tambahnya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM